Gempa M 6,7 Landa Malang dan Wilayah Sekitar, Ini Penyebabnya

0
Gambar Ilustrasi.

Malang, 5NEWS.CO.ID,- Gempa besar berkekuatan magnitudo 6,7 melanda Kab. Malang, Jawa Timur dan sekitarnya pada Sabtu, (10/04/21). Diketahui, gempa terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Pusat gempa kali ini berada di lepas pantai dan memiliki kedalaman 25 kilometer.

BMKG juga memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Sementara itu, Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono memaparkan penyebab gempa yang di Malang Gempa Selatan Malang M6,1 ini merupakan gempa menengah akibat adanya deformasi atau patahan di zona Benioff yaitu pada bagian Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi/menunjam dan menukik ke bawah Lempeng Eurasia di bawah lepas pantai selatan Malang.

“Gempa selatan Malang M6,1 tadi siang bukan gempa megathurst, tetapi gempa Beniof, karena deformasi terjadi pada slab lempeng yang menunjam dan tersubduksi mulai menukik ke bawah Jawa Timur,” paparnya, Sabtu (10/04).

Menurut laporan, gempa ini juga terasa di beberapa kota seperti Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara. (mra)

Komentar