Listrik Sering Padam, Ini Jawaban PLN Pati

0
Teknisi PLN Kabupaten Pati Dani, foto by Zein 5news.co.id

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman listrik di beberapa wilayah Kabupaten Pati. Hal ini menyebabkan beberapa warga mengeluh karena pemadaman terjadi seminggu bisa 1 sampai 4 kali, sehingga aktivitas sebagian dari masyarakat terganggu.

Bagian Teknisi PLN Kabupaten Pati, Dani mengatakan penyebab pemadaman listrik di jalur bagian utara wilayah Pati Kota karena trafo di tempat tersebut sudah overload, artinya harus diganti.

Menurutnya agar tidak terjadi seringnya pemadaman listrik, pihak PLN sudah mengeksekusi dengan cara melakukaan pemerataan beban.

“Pada Rabu (7/4/2021) pihak PLN sudah mengeksekusi pemerataan bebannya. Kita ikutkan yang Gereja GITJ dibagian utara. Kita tambahkan konduktor lagi, kita tambah untuk GTR nya guna pemerataan beban. Jadi sebelum overload bebannya kita ratakan,” ujar Dani, Kamis (8/4).

Saat ditanya oleh 5NEWS.CO.ID tentang kapan PLN melakukan pengaturan pemindahan pemerataan beban, pihaknya mengatakan hal itu telah dilakukan pada Rabu akhir bulan lalu.

“Pengaturan pemindahaan pemerataan beban dilakukan pada Rabu (31/3) lalu,” jawabnya.

Dani menjelaskan ada dua kategori penyebab seringnya terjadi pemadaman listrik selain overload adalah pemadaman terencana dan tidak terencana.

Pemadaman tidak terencana penyebabnya karena alam dan waktunya tidak bisa ditentukan seperti tiba-tiba ada gangguan pohon tumbang, tiba-tiba hujan, ada petir serta angin.

Sedangkan untuk pemadaman terencana, pihak PLN akan melayangkan surat pemberitahuan yang ditujukan pada pelanggan-pelanggan besar, instansi-instansi dan kepala desa.

“Satu minggu sebelumnya, pihak PLN sudah melayangkan surat pemberitahuan bahwa akan ada pemadaman listrik,” lanjut Dani.

Ia menuturkan, pemadaman listrik per wilayah disendirikan karena letak terminal trafonya berbeda-beda.

Bila terjadi pemadaman listrik atau gangguan semacamnya, Dani menyarankan warga mendownload aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store.

Ia memastikan keluhan warga terkait gangguan listrik langsung akan direspon petugas.

Sebelumnya warga Randukuning, Kelurahan Pati Lor, Pati, Jawa Tengah mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi berulang-ulang dalam beberapa hari terakhir.

Tidak hanya di Randukuning saja, pemadaman listrik juga terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Pati. Gangguan tersebut mendorong warga mendatangi kantor PLN untuk menanyakan penyebabnya. (sari)   

Komentar