Jelang Ramadan, Replika Beduk Raksasa Hiasi Kota Singkawang

0
Potret replika beduk raksasa di Kota Singkawang. (Foto: istimewa)

Singkawang, 5NEWS.CO.ID,- Ramadhan sudah di ambang pintu, Kota Singkawang kini dihiasi replika beduk raksasa berukuran 3×7 meter. Beduk raksasa tersebut berada di depan Masjid Raya Singkawang, Kalimantan Barat.

Replika beduk ini merupakan replika beduk terbesar se-Kalbar untuk saat ini. Dengan menggunakan bahan kayu, dan material lainnya, serta dihiasi lukisan bernuansa bulan Ramadhan.

Replika beduk tersebut dibuat oleh organisasi masyarakat Persatuan Orang Melayu (POM) dengan dana swadaya serta sumbangan dari masyarakat yang ada di sana.

Salah satu panitia pembuatan replika Beduk Ramadhan tersebut, Erik Sandi mengatakan “Saat ini masih proses pengerjaan. Ini akan diresmikan pada awal malam Ramadhan, nantinya juga akan kita hiasi lampu,” Kamis 8 April 2021. 

“Beduk ini menerjemahkan semangat Islam, serta untuk memeriahkan Ramadhan. Juga syiar Islam, karena dengan semangat kebersamaan inilah, kita mengajak semua lini, bahwa ini adalah momen terbaik dengan merias gemerlap lampu di Kota Singkawang,” kata Erik.

Pembuatan replika beduk ini merupakan salah satu wujud nyata, dan semangat dari masyarakat Melayu, khususnya yang ada di Kota Singkawang.

“Hingga saat ini pengerjaan replika beduk tersebut sudah berlangsung kurang lebih selama dua pekan, dan menghabiskan dana hingga puluhan juta rupiah,” jelas Erik. 

“Sampai sejauh ini pembuatan beduk raksasa ini sudah memakan biaya sekitar 20 juta rupiah. Kami membuka ruang bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam menyelesaikan pembuatan beduk tersebut untuk memeriahkan bulan Ramadhan,” pungkasnya. (MUSHA)

Komentar