Lapas Pati Lakukan Operasi Penggeledahan Terhadap Para Napi

0
ilustrasi penghuni Lapas Pati, foto by Mamdukh/Adi Priyanto

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Upaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap barang-barang terlarang di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) petugas setempat bersama Sat Sabhara Polres Pati melakukan operasi penggeledahan yang dilaksanakan Selasa (6/4/2021) malam.

Dalam operasi tersebut, petugas berhasil menemukan empat buah handphone (hp) dan sejumlah peralatan masak milik napi.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Febie Dwi Hartanto mengatakan pihaknya sering melakukan razia semacam ini.

“Kami sering melakukan razia. Begitu hp kami temukan langsung kami hancurkan. Tapi setelah itu nanti ada lagi,” ujar Febie.

Febie menjelaskan hal ini dilakukan untuk mencegah barang-barang terlarang masuk ke Lapas. Misal senjata tajam atau barang terlarang lainnya yang dapat menganggu keamanan bersama.

Menurutnya, meski setiap kali diadakan operasi penggeledahan dan petugas berhasil menemukan barang-barang yang dilarang kemudian menyitanya, namun para napi tidak ada kapoknya.

Padahal, lanjutnya, petugas sudah memperketat pengawasan. Seperti barang kiriman dari keluarga napi melalui proses pengecekan yang dilakukan oleh petugas lapas.

“Anehnya kami juga menemukan ‘ompreng’ (wajan) di penjara. Kemudian ada kompor portabel yang dipakai napi untuk memasak. Semua suda kami amankan,” tutur Febie.

Untuk barang-barang berjenis narkotika tidak ditemukannya. Meski demikian pihak Lapas tetap akan meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang terlarang yang diselundupkan ke dalam tahanan. (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here