Kodim Pati Gelar Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat

0

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat diwilayah Kodim 0718/Pati dilaksanakan di Aula Suluh Bhakti Makodim Pati, Kamis (01/04/2021).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Haryanto, Forkopimda Pati, instansi terkait, perwakilan Komunitas dan komponen masyarakat lainnya.

Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani menyampaikan kegiatan sosialisasi ini merupakan tindaklanjut diterbitkannya UU nomer 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan.

“Kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan negara Indonesia adalah SISHANKAMRATA (Sistem Pertahanan Rakyat Semesta) dimana seluruh warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta  dalam melaksanakan pertahanan negara,” ujar Letkol Czi Adi.

Ia menjelaskan bahwa SISHANKAMRATA yang terdiri dari tiga komponen yakni komponen utama adalah TNI tiga matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Kedua komponen cadangan merupakan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya buatan (SDB) sarana.

Sedangkan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk mendukung komponen utama. Selanjutnya yang ketiga adalah komponen pendukung yakni terdiri dari seluruh masyarakat, sarana prasarana yang bisa mendukung pertahanan negara.

“Untuk komponen cadangan selama ini belum pernah di undangkan, barulah tahun 2019 diterbitkan UU No 23 yang mengatur tentang komponen cadangan tersebut. Hari ini kami sosialisasikan agar dapat diketahui oleh seluruh komponen masyarakat diwilayah kabupaten Pati karena  rencana tahun ini akan ada program rekrutmen serta pelatihan pembentukan komponen cadangan,” pungkasnya. (pendim/sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here