Perayaan Paskah, Polres Kudus Tingkatkan Pengamanan di 35 Gereja

0
Personel Polres Kudus saat mengamankan gereja jelang perayaan Paskah. (Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus, 5NEWS.CO.ID,- Polres Kudus, Jawa Tengah akan menempatkan sejumlah personel pengamanan di 35 gereja untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani yang hendak melaksanakan perayaan Paskah.

Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma melalui Kabag Ops Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adhi juga mengatakan bahwa pengamanan yang akan dilakukan di masing-masing gereja akan bervariasi dan disesuaikan dengan jumlah jemaatnya.

“Jumlah personel pengamanan di masing-masing gereja akan bervariasi karena disesuaikan dengan jumlah jemaatnya di masing-masing gereja,” ujar Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma melalui Kabag Ops Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adhi di Kudus pada Kamis (01/04/21).

Untuk gereja besar, dengan ukuran jemaat banyak, lanjut dia, personel pengamanan yang diterjunkan bisa sampai satu regu dengan jumlah personel antara 10-15 orang. Sebagian ada yang bertugas di dalam ruang peribadatan, di luar tempat peribadatan dan ada yang bertugas di jalan.

Sementara, gereja yang berukuran kecil akan dijaga oleh personel pengamanan dengan jumlah 3-5 orang.

Diketahui, jumlah gereja yang ada di Kabupaten Kudus tercatat ada 40 gereja, sedangkan yang melaksanakan perayaan Paskah secara tatap muka sebanyak 35 gereja. Tiga gereja lain melaksanakan perayaan secara daring dan dua lainnya tidak digunakan untuk perayaan.

Polres Kudus juga melakukan sterilisasi terhadap sejumlah gereja pada Kamis (01/04) guna mengantisipasi kemungkinan adanya aksi teror menjelang perayaan Hari Raya Paskah.

Sterilisasi tersebut melibatkan Tim anjing pelacak (K-9), Sabhara dengan alat detektornya serta Brimob Pati melakukan sterilisasi Gereja Katolik Santo Yohanes Evangelista di Jl. Sunan Muria Kudus.

Pihak kepolisian juga meminta umat Kristiani untuk tidak perlu khawatir dengan persoalan keamanan, namun tetap menjaga kewaspadaan dan selalu mematuhi protokol kesehatan. (mra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here