Ormas di Kalbar Mendapatkan Pembinaan dari Pemerintah Pusat

0
Pembinaan ormas di Kalbar dari Kementerian Dalam Negeri melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis (01/04/21). (Foto: Dok. 5NEWS.CO.ID)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Sebanyak 42 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kalbar mendapatkan pembinaan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis 1 April 2021 di Hotel Transera Pontianak. 

Agenda yang mengambil tema “Pengukuran Indeks kinerja ormas sebagai salah satu instrumen pengelolaan ormas yang sehat, profesional, mandiri,  transparan dan akuntabilitas” ini dihadiri 42 peserta dari ormas yang ada di Kalbar serta 28 peserta dari utusan Kesbangpol kota dan kabupaten. 

Selain itu, sebagai narasumber adalah Malik Ibrahim dan Eko N Thomas Marbun dari Kementerian Dalam Negeri serta Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Drs Hermanus, MSi.

Hermanus menyampaikan bahwa Ormas yang tidak mendaftarkan diri otomatis tidak akan mendapatkan pelayanan dari pemerintah, baik itu berupa bantuan dana maupun pembinaan. suatu ormas dikatakan terdaftar jika sudah mempunyai Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Sementara itu, Gusti Sabran, utusan Kesbangpol Kabupaten Landak yang juga hadir sebagai peserta, saat ditemui 5NEWS.CO.ID di Transera Hotel mengatakan “Kegiatan ini adalah sarana wadah Silaturahmi antar ormas dan juga dengan pemerintah, karena ormas merupakan aset penting negara.”

Di kesempatan yang sama, Muhammad Reza, Sekretaris Forum Antar Umat Solidaritas Kemanusiaan dan Lingkungan (FAUZAN) saat ditemui 5NEWS.CO.ID menyampaikan dukungan atas program pembinaan ormas ini.

“Ini penting, karena ormas ini salah satu fungsinya adalah untuk membina kerukunan dan memperkuat persatuan bangsa, ormas adalah organisasi yang berlandaskan Pancasila,” ujar Reza.

Pihaknya juga menuturkan bahwa acara ini adalah atas permintaan Pemerintah Pusat. Diharapkan dengan terlaksananya agenda seperti ini akan menjadikan ormas yang ada di Kalimantan Barat dapat berperan aktif menjadi mitra pemerintah dalam membangun negara. (MUSHA)

Komentar