Serangan Ribuan Ulat Bulu Resahkan Warga Kudus

0
Serangan ulat bulu yang meresahkan warga Kudus. (Foto: istimewa)

Kudus, 5NEWS.CO.ID,- Warga Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah diresahkan dengan serangan ribuan ulat bulu selama seminggu ini.

Menurut salah satu warga Desa Ploso Nur Kholis ribuan ulat-ulat tersebut berasal dari pohon di pekarangan kosong yang tidak pernah dibersihkan oleh pemiliknya dan menyerang warga setempat.

”Ribuan ulat bulu telah menyerbu ke rumah-rumah warga. Masuk ke area warung, dapur bahkan ke kamar,” ujar Nur Kholis, Jumat (26/3/2021).

Selain itu ulat bulu juga menyerbu ke tempat-tempat umum lainnya seperti pasar. Akibat serangan tersebut banyak tanaman warga yang rusak dan menyebabkan gatal-gatal di kulit.

Nur juga menjelaskan serbuan ulat bulu ini bukan pertama kalinya terjadi. Namun setiap tahunnya menyerang rumah warga.

“Kerugian gatal, tanaman sekitar pada rusak setiap tahun merasakan keadaan ini karena tanaman tidak pernah dibersihkan. Sampai ulat menjalar membahayakan,” lanjutnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh warga agar ulat-ulat bulu berkurang seperti menyemprotkan pestisida, namun usaha tersebut tidak ada hasilnya.

Nur menyebut saat ini ada sepuluh rumah yang diserbu ulat bulu. Dirinya bersama warga setempat sudah melaporkan hal ini ke RT, pihak desa dan dinas terkait. Ia berharap pihak terkait untuk segera menindak lanjutin. (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here