Pohon Tabebuya di Ruas Jalan Pontianak Mulai Berbunga

0
Pohon Tabebuya yang mulai berbunga di sepanjang ruas jalan Kota Pontianak. (Foto: istimewa)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Di sejumlah ruas jalan di kota Pontianak kini ada pamandangan baru yang dapat disaksikan warga. Pohon Tabebuya yang ditanam sebagai peneduh sudah mulai berbunga. 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengunggah foto pohon yang sudah berbunga tersebut sembari menulis “Alhamdullilah pohon Tekoma-nya berbunga,” di akun Facebook-nya, Selasa 23 Maret 2021, pukul 18.54 WIB.

“Kota ini tak hanya dihijaukan dengan aneka pepohonan, tetapi juga dibuat semarak dengan bunga warna-warni.” kata Edi.

Sejumlah warganet memberi reaksi di kolom komentar. Tak sekadar komentar, ada juga yang turut mengunggah foto yang dijepret sendiri. Bahkan, ada pula warganet yang mengaku baru menyadari pohon-pohon itu mulai berbunga, meski setiap hari melintasi ruas jalan itu.

Pada Oktober tahun lalu, pemerintah kota melakukan penanaman sejumlah pohon tabebuya di beberapa titik. Di pinggir halaman Kantor Wali Kota sendiri, sebanyak 30 pohon telah ditanam pada 10 November 2020 dan bibitnya merupakan sumbangan dari Club Pecinta Lingkungan.

Ratusan pohon tabebuya yang kemudian ditanam di sejumlah titik di pinggir jalan kota menyelingi pohon peneduh. Secara fisik, pohon tabebuya mirip pohon sakura. Bunganya pun berbacam warna, seperti warna putih, merah muda, ungu, dan kuning.

Tabebuya adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Pohon tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras. (MUSHA)

Komentar