Jawa Tengah Siap Gelar Simulasi dan Uji Coba PTM pada April 2021 Mendatang

0
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM).

Semarang, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan simulasi dan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) pada tanggal 5-16 April 2021 mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Hari Wuljanto mengatakan hal itu sesuai dengan arahan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar menyebut PTM pada satuan pendidikan harus dilaksanakan dengan penuh dengan kehati-hatian, sehingga tidak mengakibatkan meningkatnya penyebaraan Covid-19.  

Hari Wuljanto sendiri telah menerbitkan Surat Nomor 42L.1/03858 tertanggal 8 Maret 2021 tentang uji coba pembelajaran tatap  muka.

Ia menjelaskan PTM harus dilaksanakan melalui tahap uji coba secara terbatas, ketat, terorganisasi dan wajib memenuhi  persyaratan minimal penerapan protokol kesehatan.

Rencananya PTM mendatang akan diselenggarakan pada satuan pendidikan SMP, SMA/SMK dan MA. Bagi SD/MI/MTs dan PAUD masih tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Uji coba PTM tahap awal akan diselenggarakan pada satuan pendidikan SMP, SMA, SMK dan MA. Sedangkan jenjang SD/MI/MTs dan PAUD masih tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ujar Hari, Sabtu (20/3/2021).

Hari menambahkan persyaratan lainnya adalah memperoleh penilaian siap daftar periksa kesiapan sekolah pada pembelajaran tatap muka dari Tim Verifikasi/Visitasi Kesiapan Sekolah Kabupaten/Kota.

Selain itu harus mendapatkan izin dari orang tua/wali peserta didik, mendapatkan izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota dan izin dari pemerintah daerah (bupati/walikota). (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here