‘Ing Ngarso Sung Tulada’ Azas yang Diamalkan Kades Angkatan Lor Pimpin Warganya

0
Kades Angkatan Lor Tambakromo, Sudiyono. (Foto: istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- ‘Ing Ngarso Sung Tulada’ (memberi suri tauladan dihadapan anak buahnya) merupakan salah satu dari 11 azas kepemimpinan TNI-AD yang diamalkan oleh Kades Angkatan Lor Tambakromo, Sudiyono.  

Pasalnya Sudiyono adalah seorang Purnawirawan TNI – AD yang berstatus pensiun dini. Untuk itu kinerjanya patut dicontoh, walaupun dalam notabene ia termasuk Kades baru dan kali pertama menjabat.

Hal itu ditunjukkannya saat kegiatan pengecoran jalan yang merupakan sasaran fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 Kodim 0718/Pati di Desa Angkatan Lor, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah Jumat (12/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut Sudiyono tidak banyak bicara. Untuk memberi semangat kepada warganya, ia terjun langsung ke lokasi ikut bekerja bersama Satgas TMMD dan warga lainnya tanpa ada rasa canggung.

Sementara sepeda motor pribadinya digunakan untuk mengangkut semen dari kampung ke lokasi pengecoran jalan. Ia tetap kelihatan gagah dengan perawakan yang pothok (kekar) dan berpakaian ala Koboy.

“Seorang pengarep (pimpinan) tidak seharusnya hanya main perintah saja dari belakang meja. Namun harus bisa memberikan contoh nyata lapangan bersama warga yang dipimpinnya,” ujar Sudiyono disela-sela kesibukannya dilokasi pengecoran jalan. (sari)

Komentar