Rumah Tua Gang H. Salmah, Destinasi Wisata Baru Kota Pontianak

0
Potret destinasi wisata rumah tua Gang H. Salmah sebelum direnovasi. (Foto: istimewa)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Sebuah bangunan rumah tua dengan lahan seluas 1.428 meter persegi di tepian Sungai Kapuas tepatnya di Gang H. Salmah Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak, sedang direstorasi yang nantinya akan menjadi rumah budaya. 

Letaknya yang strategis akan memudahkan wisatawan maupun pengunjung nantinya. Ini akan menjadi salah satu titik destinasi baru untuk kota Pontianak yang bisa diakses jalur darat maupun laut.

Walikota Pontianak, Edy Rusdi Kamtono mengatakan “restorasi rumah tua ini dikerjakan dalam waktu dua tahun anggaran dan ditargetkan dapat selesai tahun ini.” Senin 8 Maret 2021

“Pekerjaannya sudah mencapai 30%. Rangka dan atapnya sudah jadi, konsepnya ke bentuk asalnya, dengan material kayu asli beliann,” ujarnya. 

Dengan mengembalikan ke bentuk asalnya, diharapkan nantinya akan menjadi titik destinasi baru untuk kota Pontianak, dan akan menjadi representasi asal muasal kota Pontianak. 

“Ini sangat menunjang penataan program kota baru melalui pembangunan waterfront-nya karena letaknya di pinggir Sungai Kapuas,” tambah Edy Kamtono.

diketahui, Rumah ini merupakan hibah dari ahli waris Abdurrahman Arif kepada Pemerintah Kota Pontianak untuk dipugar dan dimanfaatkan menjadi cagar budaya. (MUSHA)

Komentar