Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Lebih Cintai Produk Indonesia

0
ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk Indonesia dibandingkan buatan luar negeri. Hal itu disampaikannya pada saat Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara Jakarta.

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan produk-produk luar negeri. Gaungkan juga benci produk-produk luar negeri,” kata Joko Widodo, Kamis (4/3/2021).

Jokowi meminta pada mal atau pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia untuk turut mendukung kampanye cinta produk Indonesia. Salah satunya dengan memberikan ruang strategis untuk produk lokal.

Menurutnya dengan memberikan ruang kepada produk-produk hasil usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) akan menggeser produk luar negeri ke tempat yang tidak strategis.

“Branding harus melekat pada masyarakat lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan produk luar negeri,” lanjutnya.

Jokowi menambahkan jumlah penduduk yang begitu besar seharusnya Indonesia memiliki konsumen yang loyal terhadap produk-produk dalam negeri.

“Karena penduduk Indonesia, penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa, seharusnya adalah konsumen yang paling loyal untuk produk-produk kita sendiri, 270 juta adalah jumlah yang besar, pasar yang besar,” ujar Jokowi.

Sementara Kementerian Perdagangan (Kemendag) langsung akan menyiapkan aturan khusus agar kampanye cinta produk Indonesia benar-benar tercapai.

“Dan salah satunya seperti yang diamanatkan Presiden Joko Widodo tadi, memastikan merek-merek Indonesia akan menjadi primadona di mal-mal Indonesia. Kita akan siapkan aturannya supaya orang Indonesia bangga membeli produk Indonesia dan mengembangkan industri Indonesia,” tutur Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here