Kodim 0718/Pati Kerahkan Babinsa untuk Tracing Pasien Covid-19

0
Kodim 0718/Pati bersama Tim Tracking Covid-19 Puskesmas Pati 01 terhadap keluarga pasien yang terpapar positif virus corona

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, Babinsa Desa Blaru, Kecamatan Pati, Jawa Tengah yang dipimpin oleh Sertu Purwadi bersama Bhabinkamtibmas, Bidan Desa dan Tim Tracking Covid-19 Puskesmas Pati 01 mengadakan contack tracing kepada keluarga yang terpapar positif virus corona.

Kegiatan ini bertujuan untuk melacak kasus penyebaran Covid-19 guna memutus mata rantai penularan dengan cara mendatangi keluarga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Wakil Sementara Danramil 01/Pati Kapten Inf Suyani mengatakan kegiatan tracing yang dilaksanakan Rabu (3/3/2021) ditujukan agar dapat mengetahui sejauh mana penyebaran Covid-19 sehingga dapat diambil langkah cepat dan tepat dalam penanganan selanjutnya sesuai hasil tracking kemarin.

“Kita laksanakan penelusuran contack tracing terhadap keluarga yang kontak langsung dengan salah satu anggota keluarganya yang positif covid-19 dengan melakukan tes cepat rapid test antigen sebanyak empat orang,” ujar Suyani, Kamis (4/2).

Menurutnya hasil tes cepat tersebut sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya, sehingga bagi yang hasilnya positif akan dilaksanakan isolasi mandiri tentunya menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar memudahkan para petugas untuk memantau kondisi warga yang isolasi setiap harinya.

Suyani menambahkan disinilah peran penting pemerintahan desa, tokoh masyarakat serta lingkungan sekitarnya agar turut peduli mendukung gerakan Jogo Tonggo yang selama ini telah berjalan.

“Dengan dukungan semua pihak yang turut membantu kebutuhan sehari-hari warga yang sedang isolasi sehingga diharapkan mereka dapat memaksimalkan masa isolasi tersebut dan mempercepat kesembuhan,” pungkasnya. (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here