Sekolah Tatap Muka Bulan Juli 2021, Dinas Pendidikan Pati: Sesuai Arahan Kementerian

0
Sekolah tatap muka di SDN 82/I Serasah, Batanghari, Jambi, Senin (22/2/2021). Foto ANTARA

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyebut sudah ada arahan terkait penyelenggaraan sekolah tatap muka. Sekolah tatap muka di Pati rencananya akan dimulai pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021. Program tersebut akan digelar usai vaksinasi massal terhadap guru dan tenaga pendidik di Pati.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati melalui Sekretaris Saryono, mengungkapkan bahwa pembelajaran tatap muka akan digelar kembali di tengah pandemic Covid-19. Saryono mengatakan hal itu sesuai dengan arahan dari Kemendikbud menyusul vaksinasi massal terhadap guru dan tenaga pendidik terlaksana.

 “Vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dimulai secara bertahap. Mei 2021, seluruh PTK selesai vaksin dosis ke-1. Juni 2021,seluruh PTK selesai vaksin dosis ke-2,” ungkap Saryono melalui keterangan tertulis kepada 5NEWS.CO.ID, Kamis (25/2/2021) pagi.

Saryono menjelaskan, rencana vaksinasi massal bagi guru tersebut dibahas dalam rapat pengarahan dari Kemendikbud. Hasil rapat yang digelar secara daring, pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan usai vaksinasi.

“Hasil rapat pengarahan kementerian lewat zoom, Rabu 24 februari 2021. Pasca vaksinasi di pertengahan Juli 2021 (tahun ajaran baru) diharapkan semua satuan pendidikan Dasmen dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka,” kata dia.

Meskipun demikian, lanjut Saryono, pihaknya tetap menunggu instruksi dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati. Disdikbud Pati juga menunggu surat resmi dari kementerian terkait mekanisme pembelajaran tatap muka.

“Kita nunggu dari Gugus Covid-19 dan surat dari kementerian,” ujar Saryono.

 Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMP 3 Pati Suripto menyatakan pihaknya siap menggelar sekolah tatap muka. Pihak sekolah, tutur dia, tetap menunggu instruksi dan arahan dari Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

“Sekolah menunggu instruksi saja dari gugus tugas dan dinas pendidikan. Kami siap,” tandas pria yang akrab disapa Ripto.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo menargetkan sekolah tatap muka dimulai pada bulan Juli 2021 mendatang. Rencana itu menyusul dimulainya vaksinasi terhadap tenaga pendidik dan guru. Pemberian vaksin, kata Jokowi, diharapkan dapat menciptakan sinyal positif bagi terselenggaranya sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut mulai dilonggarkan pada awal tahun 2021 yang memperbolehkan sekolah dan pemerintah daerah menggelar sekolah tatap muka dengan pembatasan ketat.

Komentar