Bencana Longsor di Kudus Akibatkan Dua Rumah Rusak Berat

0
Gambar ilustrasi.

Kudus, 5NEWS.CO.ID,- Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Menawan, Kecamatan Gebok, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyebabkan dua rumah warga mengalami rusak berat akibat tertimpa material longsor, Rabu (24/2/2021).

Camat Gebog Bambang Gunadi mengungkapkan curah hujan cukup tinggi sejak semalam mengakibatkan kontur tanah menjadi labil sehingga menyebabkan longsor. Menurut catatan bencana ini terjadi di sembilan titik yang tersebar di dua desa di wilayah Kecamatan Gebok. 

“Tanah longsor di Desa Rahtawu tercatat ada satu titik di jalan utama menuju Rahtawu, sedangkan di Desa Menawan terdapat delapan titik yang tersebar di Dukuh Kumbangan, Ndersono, Dukuh Jambe dan Dukuh Nogosari,” kata Bambang, Rabu (24/2).

Ia menjelaskan terjadinya longsor akibat tebing setinggi 20 meter mengalami longsor sehingga menutup akses jalan desa setempat.

Bambang menyebut dua rumah warga di Desa Menawan mengalami rusak berat, kerugian ditaksir mencapai belasan juta. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Sementara pembersihan material tanah longsor yang menutupi akses jalan di Desa Rahtawu sudah dilakukan sejak pukul 09.45 WIB oleh para relawan bersama warga setempat, kini kondisinya hanya bisa dilalui sepeda motor.

Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Johan mengatakan longsor terjadi pada pukul 03.00 WIB, peristiwa ini terjadi akibat curah hujan yang cukup lebat, terutama di Desa Menawan.

“Delapan titik longsor rumahnya dua, jalan enam titik yang dua titik rumah. Kerugian 15 juta per rumah. Korban jiwa tidak ada. Salah satu warga hanya terluka,” ujarnya. (sari)

Komentar