Banjir Bandang Landa Tayu-Dukuhseti, GP Ansor Pati Kerahkan Banser dan Fatayat

0
Banjir Bandang di Tayu-Dukuhseti Pati
Personel Banser dan Fatayat sedang membagikan bantuan makanan kepada korban banjir di Tayu, Rabu (24/2/2021). (Foto istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Hujan deras mengguyur wilayah utara Kabupaten Pati hingga menyebabkan tanggul sungai di Desa Dororejo jebol. Air bah pun membanjiri Kecamatan Tayu dan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021) sejak dini hari tadi. GP Ansor Pati mengerahkan Banser dan Fatayat untuk membantu warga dan mendirikan dapur umum.

Ketua GP Ansor Kabupaten Pati, Itqon Hakim, mengatakan sejak semalam hingga pagi tadi personel Banser terjun ke lokasi banjir untuk membantu warga membersihkan tanggul sungai. Sementara, ibu-ibu yang tergabung dalam Fatayat dan Muslimat NU mendirikan dapur umum di Balai Desa Dororejo, Tayu.

“Bantuan nasi bungkus didroping di 3 titik desa yg terkena banjir bandang. Di Luwang, di Kaligawe-Dororejo, dan di Kalikalong. Ini langkah awal yang bisa kami lakukan. Ya, sedikit langkah awal,” ujar Itqon saat dikonfirmasi 5NEWS.CO.ID, Rabu (24/2) siang.

Dari pantauan, ruas jalan Tayu-Dukuhseti sempat terputus akibat banjir. Warga menyebut ketinggian air di depan SPBU Desa Bakalan, Dukuhseti, sempat membuat kendaraan yang melintas mogok. Akibatnya, banyak pengguna jalan memilih jalur alternatif.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati belum memberikan informasi terkait banjir yang melanda kedua kecamatan tersebut. Saat dikonfirmasi, Ketua BPBD Pati, Martinus Budi mengatakan sedang menuju lokasi untuk meninjau dampak bencana banjir.(hsn)

Komentar