Sejumlah Senjata Api dan Amunisi Ditemukan di Kabupaten Landak

0
Senjata api dan amunisi yang ditemukan di Kab. Landak. (Foto: istimewa)

Landak, 5NEWS.CO.ID,- Ratusan amunisi dan sejumlah senjata api serta bahan peledak telah ditemukan oleh aparat keamanan di Desa Tengon Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Aparat keamanan melakukan evaluasi terhadap terhadap temuan tersebut. (17/02/2021) lalu.

Anggota Kepolisian Sektor Air Besar dan personil dari Koramil beserta Pemerintah setempat melakukan pengamanan terhadap temuan ini yang untuk sementara waktu disimpan di Markas Koramil.

“Temuan ini terdiri dari 185 amunisi senjata api laras panjang, 1098 amunisi senjata api laras pendek, 8 pucuk senjata api laras panjang, 20 mortir, 18 granat, dan satu buah bahan peledak TNT,” kata Camat Air Besar, Muhammad Ivan Zulfisani, Jumat (19/2/2021). 

Sementara itu, Danramil Air Besar, Peltu Lontas Bangun menyampaikan bahwa senjata ini merupakan sisa operasi penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak (PGRS) dan Pasukan Rakyat Kalimantan Utara (Paraku), yang dalam sejarah dikenal dengan PGRS/Paraku pada Rabu (17/02/2021) siang.      

Salah satu warga Desa Tengon, Rudianto berharap dengan adanya temuan tersebut, Pemerintah dapat memberikan perhatian bagi Desa Tengon sebagai salah satu lokasi bersejarah dan juga sebagai bukti bahwa masyarakat pedalaman Kalbar khususnya Desa Tengon ikut berperan membela NKRI hingga sekarang. (MUSHA)

Komentar