Keberadaan Ormas Islam Sebagai Problem Solving

0
Tiga orda di Wonosobo saat melakukan pengukuhan kepengurusan tingkat kecamatan. (Foto: Dok. 5NEWS.CO.ID)

Wonsobo, 5NEWS.CO.ID- Pada hari Sabtu (30/01/2021) kemarin, ketiga orda di Wonosobo (MUI, ICMI, dan DMI) kembali melakukan pengukuhan kepengurusan tingkat kecamatan. Kali ini pengukuhan dilaksanakan di Kecamatan Mojotengah, tepatnya di Rumah Makan Joglo Mudal Mojotengah.

Ada yang berbeda pada pengukuhan kepengurusan kali ini, yakni disertakannya pula pengukuhan kepengurusan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Mojotengah.

Dalam pembicaraannya di tengah-tengah acara tersebut, secara tersirat Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojotengah Fakih Al Aziz, S.Ag. mengatakan bahwa menggeliatnya orda-orda bergengsi sampai ke tingkat kecamatan ini adalah sebuah nilai positif. Bagaimanapun, peranannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam bidang keagamaan.

“Karena keberadaan ormas-ormas Islam akan menjadi problem solving segala persoalan yang ada di masyarakat terutama dalam kaitannya dengan bidang keagamaan,” katanya.

“Jadi saya secara pribadi dan bahkan secara institusi juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan ini. Dengan senang hati kami akan berperan aktif dan berusaha memfasilitasi semampu kami demi suksesnya kegiatan-kegiatan semacam ini, tentu saja dengan bekerjasama dengan institusi-institusi lain,” lanjutnya.

Prosesi pengukuhan. (Foto: Dok. 5NEWS.CO.ID)

“Maka dalam kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bandriyo, SP selaku camat Kecamatan Mojotengah atas peran aktifnya yang luar biasa,” ujarnya.

Dalam acara pengukuhan kepengurusan tersebut, hadir pula perwakilan dari Koramil dan Polsek kecamatan Mojotengah, disamping pengurus-pengurus teras tingkat Kabupaten seperti Ketua MUI DR. KH. Muchotob Hamzah, MM., Ketua ICMI Drs. H. Samsul Munir Amin, MA., Sekretaris MUI merangkap sekretaris ICMI Drs. H. Toharotun, sekretaris DMI KH. Ahmad Zuhdi, M.Ag., dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Meskipun dari sisi tempat kurang memadai pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, namun secara umum acara tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai wujud partisipasi untuk menghambat penyebaran covid19. (nda)

Komentar