Usai Disuntik, Bupati Haryanto Sebut Efek Vaksin Covid-19 Tergolong Ringan dan Tidak Berbahaya

0
Bupati Pati, Haryanto ketika disuntik vaksin Sinovac. (Foto: Google Images)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Bupati Haryanto merupakan orang pertama yang menerima Vaksin Sinovac. Program pencanangan vaksinasi covid-19 berlangsung di halaman RSUD RAA Soewondo Pati, Jawa Tengah.

Haryanto mengaku setelah disuntik vaksin covid-19 ia hanya mengalami pegal. Menurutnya efek samping yang ditimbulkannya tergolong ringan dan tidak berbahaya.

“Rodo kemeng (agak pegal ) di bahu setelah disuntik vaksin Covid-19,” ungkap Haryanto, Selasa (26/1/2021).

Sebelum disuntik Haryanto terlebih dahulu harus menjawab 16 pertanyaan dari tim medis yang berkaitan dengan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit. Setelah dipastikan aman, dirinya baru disuntik.

“Usai divaksin, diberikan edukasi dari petugas kesehatan. Intinya usai divaksin, tetep harus menerapkan protokol kesehatan,” ujar Haryanto.

Ia menambahkan pada moment ini ada 10 orang termasuk dirinya untuk disuntil pertama kali, yaitu dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan tokoh masyarakat. Kemudian menyusul nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Haryanto berharap pada masyarakat untuk ikut mendukung program vaksinasi dari pemerintah demi kesuksesan penanganan Covid-19 dan tidak takut disuntik.

“Mari dukung program pemerintah untuk penanganan Covid-19 berangsur membaik. Intinya jangan takut saat disuntik Covid-19 dan tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 13.720 vial vaksin sinovac tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pati pada Sabtu (23/1) malam. (sari)

Tinggalkan Balasan