Anggaran Rp 2,4M, Bupati Pati Resmikan Alun-alun Jakenan

0
Alun-Alun Jakenan yang baru saja diresmikan pada Selasa (26/01). (Foto: Google Images)

Pati, 5NEWS.CO.ID- Bupati Pati Haryanto meresmikan Alun-alun Jakenan secara sederhana bersama jajarannya pada Selasa (26/01/20). Peresmian ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan sepeda santai yang dilakukan dimulai dari Kantor Bupati.

Alun-alun Jakenan ini diketahui dibangun dengan anggaran sekitar Rp 2,4 miliar dan diharapkan dapat menjadi ruang terbuka masyarakat Kecamatan Jakenan dan sekitarnya.

“Alun-alun ini merupakan ruang publik yang memang saya berikan untuk masyarakat Kecamatan Jakenan. Ya mirip-mirip dengan Alun-alun Pati, bisa dikatakan replikanya. Kecil tapi bagus,” ujar Haryanto.

Diketahui, peresmian Alun-alun Jakenan ini hanya dilakukan dengan seremoni sederhana yaitu penandatanganan prasasti oleh Bupati Pati di Aula Kantor Kecamatan Jakenan yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan alun-alun.

Hal ini dikarenakan Kab. Pati yang menjadi satu diantara beberapa daerah yang melakukan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan Alun-alun jakenan dibatasi untuk sementara waktu ini.

Pihaknya berharap hadirnya Alun-alun Jakenan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakar sekitar. Para pedagang juga diperbolehkan untuk berjualan di area sekitar alun-alun.

“Namun demikian, demi menjaga keindahan maupun kebersihan di Alun – alun Jakenan, para pedagang hanya boleh berjualan di luar halaman alun-alun. Sedangkan di dalam alun–alun untuk nongkrong, bersantai maupun refreshing,” tambahnya.

Maka dari itu, ia mengajak camat setempat serta jajarannya untuk menjaga dan merawat alun-alun baru tersebut.

Lebih lanjut, pihaknya merencanakan akan membuat Alun-alun kedua di Pati kota pada 2021, yang tepatnya berada di sebelah timur Taman Kota Kalidoro. Diharapkan, alun-alun ini nantinya bisa mengakomodasi para pedagang kaki lima (PKL) yang dahulu biasa berdagang di area Alun-alun Pati. (mra)

Tinggalkan Balasan