Kala Bupati Pati Dihujat Netizen

0
Foto Bupati Pati Haryanto dalam sebuah perhelatan acara perkawinan, Minggu (17/1/2021). Foto Istimewa

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Bupati Pati Haryanto dihujat pengguna media sosial gara-gara berfoto tanpa mengenakan masker. Dalam gambar tersebut, Haryanto tampak berfoto bersama sepasang pengantin dan anggota keluarga lainnya. Netizen meradang karena Bupati Pati merupakan satu-satunya orang yang tidak mengenakan pelindung wajah ataupun masker dalam gambar tersebut.

Gambar foto itu kemudian menjadi viral di media sosial. Sejumlah netizen mengomentari negatif perilaku Bupati Pati yang mereka nilai tidak konsisten. Pasalnya, foto itu diambil di tengah-tengah penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Pati.

“Protokol kesehatan yg bagaimana yg harus dipatuhi protokol kesehatan yg hanya untuk masyarakat biasa atau protokol bebas berekspresi untuk para petinggi2 daerah pati dengan amat sangat saya mohon untuk terus di up dan untuk para netizen tolong untuk tetap berkomentar karena ini adalah salah satu bentuk sanksi sosial ,” ujar akun Facebook bernama Harun Buana, Minggu (17/1/2021).

“Misale ono kawinaan ogak gowo masker oleh ora yo lur pas pandemi nginiki😅 (seandainya ada kawinan tidak membawa masker boleh tidak ya lur di saat pandemi seperti ini),” kata akun Randy di Facebook.

Akun lain di platform yang sama juga mencela perilaku orang nomor satu di Pati tersebut. Sebuah akun bernama Kenton juga berkomentar negatif terkait foto viral yang melibatkan Bupati Pati. Dia mempertanyakan aturan ketat bupati yang menurutnya menyulitkan masyarakat dalam mencari penghidupan.

“Yo mboh ti bupati … aturaem e kondiange ora umom,rumongso ambekan wae bok ator…golek pangan bok ngel2 bar2ane malah ngene (terserah lah ti bupati… aturanmu itu luar biasa, perasaan bernapas saja kamu atur… cari makan kamu persulit lha kok malah kaya gini),” kata akun Facebook bernama Kenton.

Menanggapi kecaman netizen, Bupati Pati Haryanto mengklarifikasi fotonya itu. Haryanto mengatakan dia hanya melepas masker saat hendak berfoto bersama pengantin saja. Dalam akun Instagramnya, Haryanto menjelaskan bahwa sebelum dan sesudah foto bersama ia selalu memakai masker.

“Menanggapi Foto yang Viral di Grup FB, yang terkesan saya tidak mengenakan masker saat menghadiri acara ijab pernikahan,” kata Haryanto melalui akun Instagram @haryantoshmmmsi.

“Acara yang saya hadiri tersebut adalah hanya prosesi ijab antara mempelai dan penghulu, acara tersebut menaati prokes demi keamanan. Penghulu dan mempelai juga mengenakan faceshield, masker dan sarung tangan saat acara ijab berlangsung,” tutur dia.

“Pada saat sesi foto, memang sempat saya lepas sebentar untuk memperlihatkan wajah saya atas permintaan mempelai agar memiliki kenang-kenangan, namun setelah itu tentu saya pakai lagi maskernya.” Jelasnya.

Dalam postingannya di Instagram, Haryanto juga menampilkan beberapa foto yang menunjukkan bahwa dirinya mengenakan masker dalam acara tersebut.(hsn)

Komentar