Foto Bupati Pati Tak Pakai Masker di Acara Pernikahan Viral, Gubernur Jateng Beri Peringatan

0
Foto Bupati Pati, haryanto yang viral saat tak kenakan masker di acara pernikahan. (Foto: tangkapan layar IG Bupati Pati, Haryanto @haryantoshmmsi)

Semarang, 5NEWS.CO.ID,- Bupati Pati, Haryanto kini menjadi buah bibir warganet pasca foto dirinya ketika menghadiri acara pernikahan tanpa mengenakan masker viral di media sosial. Terkait hal ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun buka suara.

Ganjar mengaku menyayangkan sikap Bupati Pati ini, ia mengingatkan kepada semua pejabat publik untuk menyikapi masa-masa pandemi ini dengan bijak.

Menurutnya, protokol kesehatan harus tetap dijalankan dalam situasi apapun, meski diminta untuk melepas masker oleh kedua mempelai, seharusnya orang nomor satu di Kab. Pati itu bisa menolak.

“Saya hanya mengingatkan kita jangan sampai lupa begitu ada kerumunan masker ini tidak dilepas mau foto mau enggak itu enggak boleh,” ujar Ganjar seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Ia menegaskan bahwa pejabat publik harus bisa tegas terhadap permintaan warganya, apalagi yang berpotensi melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Pihaknya mengaku sudah mendapatkan klarifikasi yang menyebutkan masker Bupati Pati dilepas hanya saat sesi foto dengan pengantin. Bupati Pati mengatakan masker itu hanya dicopot sebentar untuk memenuhi permintaan dari pihak pengantin.

“Tadi sudah klarifikasi karena manten-nya minta itu dibuka karena mau difoto. Yang gini-gini jangan dilayani,” ujar dia.

Gubernur Jateng itu mengingatkan, jika ada kerumunan masker sebisa mungkin jangan dilepas, dalam kondisi berfoto atau apapun itu.

“Saya hanya mengingatkan kita jangan sampai lupa begitu ada kerumunan, masker ini tidak dilepas, mau foto mau nggak, nggak boleh,” tambahnya.

Ia sempat menceritakan bahwa beberapa kali harus menolak ajakan foto yang terlalu dekat, dan ada pula yang mengajak bicara dengan membuka masker. Menurutnya, hal-hal seperti ini bisa jadi edukasi sekaitan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya kemarin juga masih sempet nanam pohon, semua yang ngomong dibuka, saya bilang kamu tutup atau enggak usah ngomong? Pak foto dekat-dekat? Enggak boleh jaga jarak dulu semua masker dipakai,” kata dia.

Dirinya juga mengimbau seluruh pejabat di Jawa Tengah harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan, dirinya sendiri yang sudah divaksin saja menyebut tidak berani berbuat seenaknya dengan tidak memakai masker.

“Saya sendiri sudah divaksin saja enggan berani gembelengan enggak pakai masker seolah-olah sudah sehat. Vaksin itu salah satu saja, tetap pakai masker. Saya minta teman-reman aapalagi pejabat publik untuk mengikuti semuanya,” tegas Gubernur Jawa Tengah itu.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Pati Haryanto dihujat pengguna media sosial gara-gara berfoto tanpa mengenakan masker. Dalam gambar tersebut, Haryanto tampak berfoto bersama sepasang pengantin dan anggota keluarga lainnya. Netizen meradang karena Bupati Pati merupakan satu-satunya orang yang tidak mengenakan pelindung wajah ataupun masker dalam gambar tersebut. (mra)

Komentar