Akibat Hujan Deras, Sejumlah Daerah di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Terendam Banjir

0

Banjir bandang di Kalimantan Selatan, foto: google images

Banjarmasin, 5NEWS.CO.ID,- Hujan deras yang menguyur sejumlah di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan menyebabkan banjir bandang pada Kamis ( 14/1/2021).

Sejumlah daerah yang terendam banjir ketinggian air mencapai 2-3 meter, akibatnya sejumlah akses ruas jalan menjadi terputus.

Kepala Basarnas Banjamasin Sunarto mengatakan hujan deras yang merata selama beberapa hari terakhir diduga menjadi penyebab sejumlah daerah terkepung  banjir.

“Memang ada beberapa daerah yang dikepung banjir, tapi ada dua daerah yang yang terparah menjadi fokus kita,” ujar Sunarto, Jumat (15/1/2021).

Ia menyebut wilayah parah terendam banjir adalah Kabupaten Banjar  dan Tanah Laut, ketinggian capai 3 meter.

Sementara Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Raditya Jati mengatakan sekitar 21.990 jiwa di Tanah Laut terdampak banjir.

“Hal ini berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana per 15 Januari 2021 pukul 11.40 WIB,” ungkap Raditya.

Disisi lain Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau bahwa Provinsi Kalimantan Selatan masih memiliki potensi turun hujan sedang hingga lebat dalam sepekan kedepan. (sari)

Tinggalkan Balasan