Jungkir Balik Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 di Pati, Tugas Tengah Malam hingga Honor Belum Dibayar

0
Kepala BPBD Kabupaten Pati
Kepala pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya. Foto Dok. 5NEWS.CO.ID

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Tim relawan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, harus jungkir balik dan bekerja keras tanpa mengenal waktu. Tak jarang, tim harus menggali makam di tengah malam. Tugas berat ini tetap ditunaikan meskipun honor belum dibayar.

Pada hari Selasa tanggal 5 Januari 2021, para relawan mendatangi DPRD Kab. Pati dan mengadukan honor pemakaman yang belum dibayarkan. Tim relawan mengaku baru menerima sekitar 10% dari total honor yang seharusnya diterima.

Kepala pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya menyatakan bahwa permasalahan honor relawan disebabkan oleh tingginya angka kematian Covid-19 di Pati. Selain itu, proses administrasi juga menjadi hambatan dalam proses pembayaran honor petugas.

“Jadi, sepeti yang saya sampaikan saat audiensi dengan Komisi D kemarin. Permasalahannya itu, satu, tidak seimbangnya jumlah tim pemakaman dengan jumlah kematian di Kabupaten Pati,” ungkap Martinus kepada 5NEWS.CO.ID, Rabu (6/1/2021) siang.

Martinus menjelaskan, BPBD hanya memilki dua tim relawan yang bertugas mengurus pemakaman jenazah pasien Covid-19. Menurut catatan BPBD, angka kematian yang terjadi sejak tanggal 14 Juli hingga 22 Desember 2020 di Kabupaten Pati berjumlah sebanyak 373. Selain Pemakaman, kata Martinus, tim juga harus menyiapkan kelengkapan administrasi terkait pemakaman setiap jenazah.

“Setelah jumlah kematian semakin hari semakin banyak, mereka lebih fokus ke kegiatan pemakaman sehingga mengabaikan masalah administrasinya,” jelas Kalakhar BPBD Pati.

Sebelumnya, BPBD memprediksi rata-rata hanya terjadi 1 kematian akibat Covid-19 setiap harinya. Padahal, tim relawan pernah melakukan 9 pemakaman dengan protokol Covid-19 dalam satu hari. Menurut Martinus, tingginya angka kematian Covid-19 telah menguras tenaga tim relawan hingga mengabaikan kelengkapan administrasi yang diperlukan untuk pembayaran honor.

“Sampai dengan tanggal 22 Desember itu baru 120 (dari total 373) kegiatan pemakaman yang honornya dibayarkan,” tuturnya.

Berdasarkan hasil audensi dengan tim relawan dan DPRD, Kepala BPBD Pati menyebut akan menyelesaikan pembayaran honor pada besok, Kamis (7/1) pukul 14.00 WIB. Pihaknya juga telah menyetujui penyederhanaan administratif terkait pembayaran honor petugas pemakaman Covid-19. Tak hanya itu, Martinus juga menyebut akan menambah jumlah petugas pemakaman supaya beban kerja tim relawan tidak terlalu berat.(hsn)

Tinggalkan Balasan