Salah Satu Menteri Baru Reshuffle Kabinet Jokowi Berasal Dari Rembang

0
Gus Yaqut atau Yaqut Cholil Qoumas

Rembang, 5NEWS.CO.ID,- Warga Rembang, Jawa Tengah wajib berbangga salah satu menteri baru dari Kabinet Indonesia Maju berasal dari kota tersebut.

Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, Selasa (22/12/2020).

Gus Yaqut dikenal sebagai Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor sebuah organisasi dari sayap Nahdlatul Ulama (NU).

Karier politiknya dimulai dari Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Rembang 2001-2014. Saat ini dia menjabat anggota DPR RI sebagai Ketua Komisi II.

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Ansor Muhammad Nadhif Sidqi mengaku terkejut atas penunjukkan tersebut. Sebab selama ini Gus Yaqut tidak masuk dalam daftar nama kandidat calon menteri Presiden Jokowi.

“Kami tidak menyangka, kaget iya,” ujar Nadhif, Rabu (23/12/2020).

Menurutnya selama ini Gus Yaqut sering menyuarakan keragaman agama yang ada di Indonesia, kemungkinan faktor inilah alasan penunjukannya sebagai Menteri Agama.

“Indonesia tidak hanya umat Islam, tapi ada umat -umat lain. Beliau sering menyampaikan menjaga keragaman. Mungkin atas dasar itu beliau diamanati menjabat Menteri Agama. Kami sebagai Kader tidak berani pesan apa-apa, dan berharap semua yang terbaiklah,” jelasnya. (sari)

Tinggalkan Balasan