Jokowi Pastikan Pemberian Vaksin Covid-19 Gratis

0
Gambar ilustrasi

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat secara gratis atau tidak berbayar.

Proses pemberian vaksin tersebut akan dilakukan secara bertahap dan dimulai pada Januari 2021 mendatang.

“Insya Allah vaksinasi Covid-19 akan dilakukan pada Januari 2021. Semuanya akan mendapatkan vaksinasi. Semuanya gratis. Tetapi ini butuh waktu untuk disuntikkan karena data terakhir yang divaksin 182 juta orang,” kata Joko Widodo secara virtual melalui YouTube Sekretaris Presiden, Rabu (16/12/2020).

Sebelumnya 75 juta penduduk Indonesia diminta untuk membayar sendiri vaksin Covid-19. Pasalnya Indonesia memiliki keterbatasan anggaran, hanya mampu memberikan vaksin gratis kepada 104 juta penduduk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Jokowi mengatakan pemberian vaksin tahap pertama akan diberikan bagi tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam melawan Covid-19, sedangkan aparat keamanan TNI dan Polri akan menunggu giliran berikutnya.

Ia juga memastikan sebagai penerima pemberian vaksin pertama Jokowi menunggu izin penggunaannya dari BPOM dan MUI, agar masyarakat percaya bahwa vaksin tersebut aman.

Sebanyak 155 juta dosis vaksin telah diamankan dan saat ini BUMN tengah mengusahakan sisanya untuk memenuhi kebutuhan vaksin seluruh penduduk Indonesia. (sari)

Tinggalkan Balasan