Melonjak, Pemprov Jateng Catat 72.479 Kasus Virus Corona

0
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Google Images)

Semarang, 5NEWS.CO.ID,- Pemprov Jawa Tengah (Jateng) mencatat 72.479 kasus Covid-19. Bertambah sekitar 1.554 kasus dibanding data virus corona di Jateng sebelumnya.

Menurut data di corona.jatengprov.go.id, pada Senin (14/12/20), jumlah kasus positif Covid-19 bertambah 1.554 kasus jika dibanding data sebelumnya yang hanya 70.725. kini kasus positif corona kumulatif sebanyak 72.479. jumlah kasus ini meliputi kasus pasien dirawat, sembuh, dan meninggal.

Untuk jumlah pasien positif corona yang dirawat sebanyak 10.309 kasus, bertambah 33 kasus dari kasus sebelumnya.

Data pasien sembuh atau yang telah selesai menjalani isolasi mandiri total 57.731 kasus, ada tambahan 1.441 orang dari data sebelumnya. Kasus meninggal ada 4.439 orang dengan tambahan 80 orang.

Pihak Pemprov juga masih memantau 8.928 kasus suspek corona di Jateng, ada penambahan sebanyak 197 orang. Kasus suspek ini adalah orang dengan riwayat dari negara/wilayah transmisi lokal, dengan atau tanpa gejala/menyerupai covid dan perlu perawatan rumah sakit, namun belum dinyatakan positif melalui swab test.

Untuk langkah antisipasi penyebaran virus corona menjelang libur akhir tahun, pihak Pemprov juga sudah menyiapkan operasi yustisi dan tes antigen bagi pendatang di sejumlah titik peristirahatan.

“Tadi disepakati, yang mau naik angkutan umum, tranportasi udara, bus atau kereta, mesti ada rapid test antigen. Hitung-hitungannya akan deteksi lebih baik lagi, lebih akurat dibandingkan rapid test antibodi,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (15/12/20).

Selain itu, Pihaknya juga akan menyiapkan pos kontrol dan operasi yustisi di ‘rest area’ yang dianggap sebagai titik rawan kerumunan.

“Di ‘rest area’ akan dipersiapkan tempat untuk lakukan kontrol sehingga tidak terjadi kerumunan. Jawa Tengah akan siapkan yustisi disana, Satpol PP, juga kepolisian dibantu TNI sekaligus Dinkes untuk bisa ambil sampling tes untuk pengamanan. Rencananya akan ada di beberapa titik,” ujarnya. (mra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here