Vaksin Sinovac, Desember Tiba di Indonesia

0
Gambar ilustrasi, foto: Google Image

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Sekitar 1,8 juta dosis Vaksin Sinovac akan tiba di Indonesia pada akhir Desember atau paling lambat awal Januari. Sebelumnya pada Minggu (6/12/2020) 1,2 juta dosis telah terkirim lebih dulu.

Menurut Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir total pesanan pemerintah ada 3 juta dosis Vaksin Sinovac.

“Sisa dari 3 juta dosis tadi, sebesar 1,8 juta dosis akan datang akhir Desember atau awal Januari paling telat,” ujar Honesti, Selasa (8/12/2020).

Ia mengatakan alasan pemerintah mendatangkan vaksin tersebut dari China karena sudah memenuhi faktor penting, yaitu unsur keamanan, pengembangannya cepat dan dapat memenuhi aspek mandiri untuk diproduksi didalam negeri.

Honesti menambahkan selain itu pengujian vaksin sinonac mulai dari uji praklinis hingga uji coba selama 3 tahap dan sudah diakui oleh badan kesehatan dunia atau WHO.

“Vaksin harus terjamin dan dapat dibuktikan dari serangkaian pengujian. Mulai dari pengujian praklinis dan uji klinis tahap 1,2 dan 3,” jelasnya.

Ia juga menuturkan pengembangan Vaksin Sinovac merupakan yang tercepat dari 10 kandidat vaksin lainnya dan metode pembuatannya sudah bisa dikuasai oleh Bio Farma. (sari)

Komentar