Massa FKPPN Jabban Tuntut Santunan Hari Tua (SHT) di Depan Gedung DPRD Bandung

0
para pengunjuk rasa Santunan Hari Tua (SHT) di depan Gedung DPRD Bandung, Jabar. (Foto: Google Images)

Bandung, 5NEWS.CO.ID,- Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Purna Karya Perkebunan Nusantara Jabar Banten (FKPPN Jabban) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Bandung, Jawa Barat pada Rabu (18/11/2020).

Mereka menuntut agar Santunan Hari Tua (SHT) segera dibayarkan. Massa berasal dari berbagai daerah perkebunan teh seperti Malabar, Montaya dan Rancabali dan lainnya. Rata-rata peserta aksi unjuk rasa berusia paruh baya.

Salah satu pengunjuk rasa, Isur (55) mengatakan sejak tahun 2017 SHT yang harusnya ia terima saat purna karya dari PTPN VIII tidak lagi diberikan. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya uang SHT rata-rata mencapai puluhan juta rupiah cair dalam waktu satu bulan.

“Sudah mau empat tahun berjalan tapi belum juga dibayarkan oleh perusahaan. Sekarang saya bingung, uang pensiun juga sebulannya hanya Rp 200 ribu,” ungkap Isur, Rabu (18/11).

Menurutnya berbagai upaya telah dilakukan oleh forum pekerja melalui pendekatan persuasif surat menyurat, pertemuan informal dan beberapa audensi, namun nihil.

Berdasarkan data dari FKPPN Jabban total ada 3.952 purna karya yang belum dibayarkan SHT nya dengan nilai pembayaran sebesar Rp 200.463.008.821. (sari)

Tinggalkan Balasan