Tanggul Jebol Rendam Sawah Siap Panen, Polres Pati Turun Tangan

0
Tanggul Jebol Rendam Sawah Siap Panen, Polres Pati Turun Tangan
Kasat Sabhara AKP Endah Listyaningrum bersama personel Polres Pati membantu warga menutup tanggul jebol di Margoyoso Pati, Foto Dok, Humas Polres Pati.

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Hujan deras menyebabkan dua tanggul di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Pati jebol dan merendam sekitar 5 hektar sawah di sekitarnya. Polres Pati menurunkan personel ke lapangan membantu warga mengatasi masalah tersebut.

Hujan deras yang turun pada hari Sabtu (31/10/2020) menyebabkan tingginya debit air sungai Desa Tunjungrejo. Dinding tanggul tak mampu menahan derasnya air sungai saat air kiriman dari pegunungan turun. Akibatnya, dua titik tanggul di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati jebol.

“Dua titik tanggul jebol sehingga menggenangi persawahan di wilayah Cebolek Kidul dan Tunjungrejo serta tambak di Desa Tunjungrejo,” ungkap Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat dalam pers rilis yang diterima redaksi, Minggu (1/11/2020) kemarin.

Arie mengatakan Polres Pati mengerahkan personelnya melakukan penutupan tanggul yang jebol. Dua titik tanggul, kata Arie, untuk sementara ditutup menggunakan sak pasir yang disusun dengan menggunakan tiang bambu sebagai penyangga.

Kapolres Pati sendiri juga berencana memberikan bantuan 100 sak briket sawit sisa pembakaran. Menurutnya, bahan tersebut ramah lingkungan dan mampu menyuburkan tanah.

“Untuk sementara sambil menunggu perbaikan permanen dari dinas terkait,” ujar Arie.

Hingga berita ini ditulis, warga desa dibantu personel TNI-Polri dan Dinas PUPR masih melakukan kerja bakti menutup tanggul yang jebol. Menurut laporan, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.(hsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here