Jawa Barat Diganti Tatar Sunda, Ridwan Kamil Sebut Bukanlah Hal Mudah

0

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bandung, 5NEWS.CO.ID,- Sejumlah tokoh Sunda menggelar Kongres Sunda di Aula Rancange Perpustakaan Ajib Rosidi, Jalan Garut, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/10/2020) lalu. Mereka mengusulkan penggantian nama Jawa Barat menjadi Provinsi Tatar Sunda.

Rencananya para tokoh tersebut akan mengirim surat pada Presiden Djoko Widodo terkait penggantian nama.  

Sebelumnya wacana penggantian nama sudah diusulkan pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  namun tidak memberikan respon.

Ridwan mengatakan mengganti nama Provinsi yang sudah ditetapkan sejak tahun 1926 bukanlah hal yang mudah, harus melihat dulu secara fundamental.

Menurutnya Jawa Barat diubah menjadi Tatar Sunda tentunya harus dipahami dan disepakati oleh warga Jabar di Cirebonan maupun Jabar daerah Betawi.

“Kalau tidak ada kesepakatan, maka hidup ini tidak akan mashlahat, jadi saya istilahnya melihat sebuah wacana, silahkan tapi masih panjang perjalanannya karena harus dipahami dan disetujui oleh pihak yang merasa berbeda, kalau itu dihadirkan,” ujar Ridwan, Rabu (14/10/2020).

Ia menjelaskan Sunda merupakan wilayah geografis yang meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa atau istilah lainnya Sunda Besar.

“Kemudian ada Sunda Kecil yaitu Bali, Nusa Tenggara dan lainnya, tapi dalam perjalanan sejarahnya menjadi etnisitas, nah kesepakatan ini belum semua orang paham jadi masih panjanglah,” pungkasnya. (sari)

Tinggalkan Balasan