Kelompok Usaha Ternak, Terobosan GP Ansor Pati Meningkatkan Ekonomi Umat

0
Kelompok Usaha Ternak, Terobosan GP Ansor Pati Meningkatkan Ekonomi Umat
Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Winong Sabar Halim saat peresmian KUB Ternak Kita, Sabtu (10/10/2020) malam.

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah meresmikan kelompok usaha bernama KUB Ternak Kita. Lembaga Perekonomian GP Ansor Winong juga melaunching produk jamu herbal ternak bermerk Vitjoss yang diproduksi sendiri oleh kelompok usaha tersebut.

Acara peresmian dihadiri sekitar 28 orang yang terdiri dari MWC NU Kec. Winong, PC GP Ansor Pati bersama anggotnya dan masyarakat sekitar. Peresmian KUB Ternak Kita dimulai dengan pembacaan manaqib oleh Rois Syuriyah MWC NU Winong, Kyai Alwan. Acara berlanjut dengan sambutan dari Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pati Itqonul Hakim dan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Winong Sabar Halim.

“Pada saat pandemi Covid-19 terobosan usaha di bidang ekonomi sangat dibutuhkan anggota dan masyarakat. Dengan adanya KUB ini mampu menjawab persoalan sulitnya ekonomi di tengah pandemic,” kata Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Winong Sabar Halim dalam sambutannya, Sabtu (10/10/2020) malam.

Sabar menjelaskan bahwa kelompok usaha ini bergerak dibidang usaha peternakan, khususnya budidaya bebek. KUB ini, terangnya, menyediakan segala kebutuhan ternak. Mulai dari bibit (DOD) bebek Peking, Hibrida dan bebek Lokal, pakan unggas (trembel), Kosentrat, Vitamin Ternak, Suplemen Ternak, Tetes, Kosentrat hingga alat-alat ternak. Tak hanya itu, KUB Ternak Kita juga menampung bebek hasil produksi dari para anggotanya.

“Syarat untuk menjadi anggota toko ternak kita cukup mudah. Masyarakat cukup mengisi formulir kesedian menjadi anggota dan melampirkan fotokopi KTP. Selanjutnya akan mendapat kartu anggota dan buku tabungan,” papar Sabar.

 Ia menuturkan, buku tabungan dimaksudkan untuk mencatat seluruh belanja anggota dalam satu tahun yang selanjutnya akan dikebalikan pada anggota sebanyak 2 persen pada akhir tahun. Menurut Sabar, anggota Toko Ternak Kita bulan hanya anggota GP Ansor saja, melainkan terbuka bagi masyarakat umum yang ingin bergabung.

“Selain pengembangan usaha ekonomi bagi anggota, KUB Ternak Kita juga punya misi mengembangkan ekonomi untuk masyarakat di saat ekonomi sulit akibat dampak dari pandemi. KUB Ternak Kita telah melakukan pelatihan gelombang pertama dan kedua budidaya bebek,” ujar dia.

Ketua Tanfidyah MWC NU Kecamatan Winong Dofir Maqosid menilai usaha yang dilakukan oleh GP Ansor Kecamatan Winong merupaka terobosan ekonomi bagi anggora Ansor dan jmasyarakat. Ia meyakini upaya ini benar-benar dinantikan dan akan berkembang pesat.

“Kami selaku orang tua mendukung penuh segala upaya yang dilakukan GP Ansor Winong dalam menjawab permasalahan ekonomi di tengah masyarakat saat ini dan kami siap membantu jika dibutuhkan untuk mendukung berkembangnya usaha ini” ucap dia.

Di penghujung acara, peserta disuguhi menu sepesial “Bebek INUK”, salah satu produk yang nantinya akan  dikembangkan oleh KUB. Nemun demikian, untuk sementara usaha difokuskan pada penyediaan kebutuhan penggemukan ternak terlebih dahulu.(Fikrul Umam/Lina)

Tinggalkan Balasan