Jubir Satgas Penanganan COVID-19: Masker Scuba Kurang Efektif Cegah Virus Corona

0
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Jakarta, 5NEWS.CO,ID,- Pada masa pandemi seperti sekarang ini masker sangat amat penting perannya. Karena bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan penggunaan masker yang berkualitas bisa melindungi hidung dan dagu. Apalagi sekarang ini banyak beredar masker Scuba atau Buff yang dinilai kurang ampuh untuk mencegah virus corona.

Menurutnya masker scuba hanya memiliki satu lapisan dan dari bahan yang tipis, selain itu mudah untuk ditarik kebawah dagu sehingga fungsi masker tidak ada.

“Masker scuba atau buff ini adalah satu lapis saja dan terlau tipis. Sehingga Kemungkinan tembus, tidak bisa menyaring itu lebih besar,” jelas Wiku, Selasa (15/9/2020).

Ia menyarankan untuk menggunakan masker yang berkualitas, sebaiknya  bisa menutup hidung dan dagu. Seperti masker bedah dan kain yang memiliki kemampuan untuk menyaring pertikel virus saat kita berinteraksi dengan orang.

Masker bedah digunakan untuk orang sakit, sedangkan kain di pakai bagi masyarakat yang sehat.

“Masker yang baik adalah masker bedah, ini biasanya digunakan terutama oleh orang yang sakit atau orang yang punya gejala,” pungkasnya.

Bagi masyarakat umum bisa menggunakan masker kain, yang menurut Wiku baik untuk menyaring partikel virus karena mempunyai tiga lapis dan berbahan katun. (sari)

Tinggalkan Balasan