Modernisasi STIN Menuju World Class University

0





Jenderal Polisi Purn. Budi Gunawan (menunjuk) didampingi Ketua DPR Puan Maharani dan rombongan

BOGOR, 5NEWS.CO.ID,- Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Purnawirawan Budi Gunawan merasa optimis, bahwa pembaharuan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), dapat menjadi lembaga pendidikan berkelas dunia.

Selama 4 tahun kepemimpinannya, STIN mengalami modernisasi kampus pendidikan intelijen. Program Studi (Prodi) baru dirilis. Magister Intelligence Technology dan Cyber, Magister Ekonomi Dan Doktor Bidang Intelijen Strategis, serta Magister Terapan Intelligence Medic. Khusus yang terakhir, merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan Indonesia dalam mengantisipasi pandemi seperti saat ini dan nanti.

Didampingi Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Seskab Pramono Anung, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo dan para pejabat lain, Budi Gunawan membuka Area Ksatrian Bung Karno yang bertempat di STIN, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Penampilan grup marching band dan musik orkestra kampus mewarnai acara pembukaan. Taruna dan taruni turut memperagakan aksi bela diri tarung derajat. Serta unjuk kebolehan DikIntelSus BIN, yang berkemampuan khusus melumpuhkan setiap ancaman nyata yang sangat berbahaya bagi negara.

Dalam sambutannya, Kepala BIN menyebut, bahwa pembaruan dan transformasi yang dilakukan STIN akan menjadi catatan sejarah menuju World Class University.

“Dari langkah yang penting, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia intelijen tim dalam menghadapi dan mengatasi berbagai potensi ancaman yang membahayakan terhadap keselamatan, keutuhan dan kedaulatan NKRI. Maka BIN telah menyelenggarakan pendidikan intelijen khusus Rajawali tahun 2020. Dengan pola baru, untuk menyiapkan agen-agen prajurit intelijen 4.0 yang berkemampuan intelijen tempur yang handal, tangguh dan berkelas dunia, sesuai dinamika ancaman dan tantangan tugas ke depan,” terang Budi Gunawan, Rabu (9/9/20).

Secara virtual, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan pesan penting dari Bung Karno: Sekali Merdeka Tetap Merdeka. Sejatinya Merdeka, Biar Badan Hancur Lebur Jiwa Kita Tetap Merdeka.

Adapun para pejabat negara yang hadir, dianugerahi sebagai Warga Kehormatan dengan mengenakan Baju Khusus dari BIN. (h@n)

Tinggalkan Balasan