Komisi Eropa Salurkan Vaksin Covid-19 Desember 2020

0




Sandra Gallina, Wakil Direktur Jenderal Komisi Eropa

BRUSSELS, 5NEWS.CO.ID,- Komisi Eropa menggelar rapat pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 bagi seluruh warga Eropa. Pertemuan berlangsung di Brussels, Belgia, dan diikuti semua perwakilan dari negara anggota.

Wakil Direktur Jenderal Komisi Eropa, Sandra Gallina, menekankan pentingnya keamanan vaksin bagi kesehatan warga Uni Eropa yang hendak diimunisasi.

“Perusahaan bertanggungjawab penuh. Jadi tidak ada perubahan, tolong hentikan semua informasi yang tidak benar. Warga negara bisa ke pengadilan menuntut hak mereka dan mereka bisa melakukannya (bila terjadi ketidakamanan pada vaksin),” terang Sandra Gallina, Rabu (9/9/20).

Penetapan harga murah hingga bisa dibeli oleh negara anggota berpendapatan rendah, merupakan unsur pendukung yang diintensifkan dalam pokok bahasan. Menurut rencana, penyaluran vaksin dosis pertama dijadwalkan pada Desember 2020.

“Soal harga ada rentang 5-15 euro. Karena Kita tak bisa melampaui batas tertentu, karena tidak akan terjangkau. Saya katakan dengan jelas, harga harus bisa terjangkau (untuk negara anggota Uni Eropa) yang tidak punya banyak uang. Ada sedikit sinkronisasi antara izin edar dan dosis yang tersedia. Akhir tahun ini, mungkin Desember, distribusi dosis pertama akan sampai ke negara anggota,” imbuhnya.

Dilaporkan, sejumlah negara anggota telah mengembangkan vaksin Covid-19. Tahapan uji klinis sebagiannya sudah mencapai fase II dan III. (h@n)

Tinggalkan Balasan