Pasca Ditutup Sementara, Objek Wisata Karimunjawa akan Kembali Dibuka

0
Potret indahnya objek wisata pulau Karimunjawa (Foto: Google Images)

Jepara, 5NEWS.CO.ID,- Masayarakat kini kembali bisa menikmati keindahan alam kepulauan Karimunjawa karena Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah sudah memberikan izin pembukaan wisata tersebut.

Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jepara, Nur Zuhruf. Dia mengungkapkan bahwa saat ini pembukaan kembali wisata Karimunjawa tinggal menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Tengah. Namun, nantinya pengunjung akan dibatasi sebanyak 100 orang dalam sepekan.

”Masyarakatnya sudah siap. Tapi pengunjung dibatasi hanya 100 orang dulu,” jelas Zuhruf kepada salah satu media lokal, Jumat (28/08/20).

Tak hanya itu, di awal-awal minggu ini perjalanan menuju Karimunjawa hanya dari Semarang saja. Pengunjung juga dipastikan tidak dapat berangkat dari daratan Jepara karena kondisi perkembangan Covid-19 disana belum berada di zona hijau.

Sebelumnya, Pada 19 Agustus lalu bupati Jepara sudah melayangkan surat rekomendasi pembukaan wisata Karimunjawa kepada Gubernur Jawa Tengah. Surat tersebut didasarkan pada Keputusan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekonomi Nomor 164/KSDAE/KSA-3/8/2020 tanggal 6 Agustus Agustus 2020, tentang reaktivasi tahap II Kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa.

Alasan pengajuan surat tersebut yakni bahwa Karimunjawa berada pada zona hijau virus corona, akses yang terbatas dan hanya dibuka melalui satu pintu juga akan lebih memudahkan untuk memantau wisatawan yang keluar-masuk ke kawasan wisata itu. Wisatawan yang akan datang juga bisa dibatasi melalui booking tiket kapal  dan sudah dilaksanakan SOP oleh pelaku wisata maupun BTKNJ.

“Sementara pemberangakatan dari semarang dulu, itupun kalau gubernur sudah mengizinkan. Kalau dari daratan Jepara memang belum bisa,” pungkasnya. (mra)

Tinggalkan Balasan