Geruduk Acara Keluarga, Kelompok Laskar di Solo Hancurkan Sejumlah Mobil dan Keroyok Tuan Rumah

59
Foto tangkapan layar Jl. Cempaka No. 81 Kp. Mertodranan Rt 1/1 Kel/Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta saat kejadian, Sabtu (8/8/2020) malam.

Solo, 5NEWS.CO.ID,- Sekelompok orang berbusana muslim mendatangi sebuah acara keluarga di Solo dan memaksa tuan rumah membubarkan acara tersebut. Massa yang disebut Kelompok Laskar itu juga merusak sejumlah mobil dan memukuli beberapa anggota keluarga.

Kejadian bermula saat keluarga almarhum Habib Segaf Al-Jufri menggelar acara Midodareni (doa di malam sebelum akad nikah). Rumah tempat acara itu digelar, Jl. Cempaka No. 81 Kp. Mertodranan Rt 1/1 Kel/Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta, tiba-tiba digeruduk massa berbusana muslim dan mengenakan tutup kepala.

Massa yang disebut sebagai Kelompok Laskar itu mempertanyakan kegiatan yang sedang berlangsung di dalam rumah. Mereka curiga tuan rumah menyelenggarakan acara keagamaan. Gerombolan itu lalu berteriak-teriak “Allahuakbar, Bubar, Kafir”, bahkan ada yang mengatakan “Syiah bukan islam, Syiah musuh islam, darah kalian halal, Bunuh”.

“Tak lama kemudian Kapolsek Pasar Kliwon datang dan meminta kami membubarkan diri”, ungkap sebuah sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada 5NEWS.CO.ID, Sabtu (8/8/2020) malam.

Sumber tersebut lalu menceritakan bahwa massa mulai berdatangan dan berkumpul di depan gang masuk rumah almarhum habib Segaf Al-Jufri. Dia memperkirakan jumlah massa lebih dari 200 orang.

“Enggak paham juga, mungkin sekitar seratus dua ratus orang”, lanjutnya.

Tak lama kemudian, 3 orang anggota keluarga tuan melewati massa dengan mengendarai mobil dan kendaraan roda dua. Gerombolan massa tiba-tiba menjadi beringas lalu memukuli ketiga orang itu. Tak hanya itu, Kelompok Laskar juga merusak sejumlah mobil di lokasi hingga mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan Kapolresta Surakarta juga dikabarkan sempat kena pukul massa saat mencoba menghentikan pengeroyokan.

Tiga orang dilaporkan menjadi korban tindakan brutal kelompok beratribut Islam tersebut. Habib Umar Assegaf (54 thn), Habib Hadi Umar (15 thn) dan Habib Husin Abdullah (57 thn) kini harus menjalani perawatan medis akibat luka-luka yang diderita.

Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan, permasalahan tersebut sedang ditangani oleh Polresta Surakarta. Belum ada penjelasan resmi pihak kepolisian terkait insiden ini. (hsn)

59 KOMENTAR

  1. Kok enak banget datang trus maen rusak main pukul..Islam agama yg suka damai nggak anarkis…semua bs dibicarakan baik2

  2. Sekelompok orang dengan kegoblokkan yg lebih rendah dari binatang .. setan yang memakai baju agama .. semoga laskar terkena azab ..

  3. Negara hrs turun tangan. Polisi hrs tindak tegas kelompok ini. Jika perlu selidiki dan ringkus smp ke otaknya. Tidak boleh ada kelp manapun berhak menghakimi kelp lain krn beda pendaoat/aliran apalagi dgn alasan agama. Ada 5 agama yg dibolehkan di bumi pertiwi Indonesia … tiap agama punya berbagai aliran. Apapun agama dan aliran mereka berhak utk hidup sesuai agama masing2. Jika negara tdk bs atasi ini, hapus saja agama di UUD, Pancasila, dan KTP juga tak usah ada pelajaran agama di sekolah. Jdikan saja negara ini negara sekuler tp mengedeoankan hak azadi manusia. Jadi jika ada kelp menyerang kelp lain anggap saja gangster vs gangster jd tunggal for gpp.

  4. kelakuan pe ka ie yg nyamar pake atribut agamis supaya lancar aksi nya, pake topeng agama pake dalil2 agama yg di selewengkan… ujung2nya dari buahnya lah kita lihat pohon aslinya

  5. Adu Domba Adu Domba Adu Domba,untuk menutupi Korupsi Korupsi Korupsi,fokus saja Sikat Abis Korupsi

  6. Ya allah… Skr para habaib mau dimusnakan baik habaib sunni dan syiah.
    Foto habib rizieq sudah di injak injak. Skr habib di solo di pukuli.
    Semoga allah mengampuni dosanya

  7. Bangsa Indonesia sebelumnya senantiasa hidup rukun saling menghargai dan menghormati tapi setelah muncul kelompok intoleran yg dibungkus dg slogan Agama semua jadi berubah,yg tidak sejalan dg mereka dianggap kafir dimusuhi bahkan dianiaya,sekarang tinggal.pilih yerus ikuti kelompok intoleran produk asing yg menuju kehancuran Bangsa atau lembali kepada jati diri Bangsa Indonesia.

  8. 1. Aparat Setempat JANGAN GUGUP & GAGAP menghadapi MASALAH yg ditimbulkan oleh Kelompok Sesat Intoleran BERKEDOK MUSLIM/ALIRAN ISLAM PALING BENAR (TAKABUR).
    2. Selesaikan secara hukum, JGN ADA LAGI PENYELESAIAN DGN JLN DAMAI/MEDIASI krn TDK TIMBULKAN EFEK JERA pasti TERULANG LAGI kejadian serupa oleh pelaku saat ini, calon pelaku lainnya dimasa mendatang, di TKP saat ini maupun TKP lainnya dimasa mendatang.
    3. Bila Aparat Hukum Setempat tdk bertindak tegas beri sanksi hukum kpd para pelaku = Aparat Hukum setempat PELIHARA BENIH KAUM EXTRIMIS, KAUM INTOLERAN yg pasti menjadi penyebab DISINTEGRASI BANGSA INDONESIA.

  9. Itu bkn laskar , tp begundal2 yg slalu bikin rusuhhh……. , yg bersembunyi ats nm Agama, biar di katakan org pling bener..

  10. Palingan kelompok ono, yg sukanya playing victim. Tega nya kamu mukulin Temen sendiri demi fitnah ke umat Islam.

  11. Sudah waktunya penegak hukum.unjuk gigi.mereka jelas melakukan anarkis
    Tidak boleh ada lagi orang2 macam ini.hidup di negri yang toleransi terhadap keyahkinan orang lain yg sudah ada di NKRI

  12. Yang marah kalo disebut kadrun itu munafikun pengkhianat bangsa, penyembah kilapah. Berkedok agama.

  13. Ngaku nya beragama kelakuan BAR BAR…
    mukulin orang.
    Teriak bunuh!
    Mereka harus dilenyapkan di indonesia.
    Mereka benih benih permusuhan

  14. Semoga kita semua mendapatkan kedamaian. Buat yg suka intoleran semoga segera mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, agar negeri kita yg cinta damai bisa hidup bersatu dan dalam perlindungan serta pertolongan dari Allah SWT. Aamiin YRA…

  15. Di manakah islam Rahmatan lil alamin? Rasulullah sendiri melindungi para kristian najran dimadinah walupun mereka menolak menerima da’wah Rasul, Hak mereka tetap dijaga oleh Rasul , keamanan mereka di jamin.. Juga para kaum Yahudi yg bersembunyi di benteng khaibar tetap tidak di perangi dan di jamin keamanan mereka.
    Tidak ada paksaan dalam islam.

    Apakah kelompok ini merasa lebih baik dan lebih mulia dari Rasul ? Sehingga berani berbuat berbeda , berani mengatakan org yg berbeda keyakinan dengan sesat, masuk neraka dan darah halal….apakah mereka sudah yakin pasti masuk surga? Apakah mereka udah pegang tiket surga?

    Astaqfurullah…. Jika akhlak Rasul seperti ini pasti islam sudah lama di tinggalkan.

    Karena mereka sudah melanggar Hak kemanusian dalam beragama dan berkeyakinan maka tidak ada kebaikan lagi untuk mereka!!!
    Wahai org2 syiah kalian sudah lama teraniaya, kenapa kalian tetap diam ? Dimana2 saya perhatikan kalian selalu di aniaya……Ingat Pesan Imam kalian , …Berdamailah dengan org yg ingin berdamai dengan kalian , dan perangi orang yg memerangi kalian …
    Supaya mereka tau kalian punya Hak dan kehormatan. harus di hormati!!!

    Jika Kamu Hai Muhammad berlaku keras lagi kasar , pastilah mereka akan meninggalkan mu
    (firman Allah SWT)

    islam itu Rahmatan lil Alamin untuk semua agama untuk semua keyakinan.

  16. Intoleran itu sendiri merupakan kejahatan kemanusiaan apalagi adanya kekerasan fisik dan pengerusakan sdh dirana kriminal, klo aparat tdk tegas bagaimana rakyat bisa terayomi? Tindak tegas pelaku jg ajarannya yg membuat pelaku membenarkan tindakan itu #savetoleransi#

  17. Huu ngaku2 islam tp prilaku kaya preman pasar..islam yg sebenar ny ga begitu..Tangkap dan jebloskan ke penjara

  18. Tindakan tegas dari aparat yg diperlukan sekarang,jg dibiarkan kelompok mereka seenaknya berbuat onar di negara ini.

  19. Agama pendatang kok sok bener,gutu kok negara harus dilandasi agama,apa gak malah kacau,beda paham dipukuli dirusak,bubarin aja kelompok2 gitu,kita kembali pada budaya kita yg damai rukun,dan toleransi,saya rasa banyak yg setuju ide saya ini

  20. Dulu PKI Menyusup ke PonPes Dan Masjid Dgn Tujuan Untk Membunuh ULAMA dan Kyai..
    Skrang PKI Berbaju Muslim Waloupun Hanya Bisa Teriak AllohhuAkbar Menggandeng Ulama dgn Tujuan MeMecah Belah Umat Islam….
    Ckckck LanjutKan Pakdhe

  21. Sudah saatnya Negara tegas pada kaum radikal dan intoleran seperti itu 😡. UNTUK INDONESIA RAJA 🙏

  22. hati2 bisa saja ini operasi intelejen bisa saja juga mengalihkan isu besar lainnya.. bisa saja adu domba antara kelompok.. semuanya hanya menduga dan menduga. yg bahaya itu jika ada yg komentar yg sdh sok tau.. sok bener. sok pancasilais.. sok bener.. bisa jadi membuat fitnah yg keji.. jadi dewasalah jika komentar..

  23. Midodareni itu warisan budaya jawa yg turun temurun selama ratusan tahun. Kok mau dicap adat syiah? Apa mereka tidak tau budaya? Kok lama kelamaan jadi mirip ISIS, memusnahkan budaya setempat dg alasan bid’ah. Hey, ini indonesia bukan arab

  24. Setelah sholat maghrib dengan lantunan اهدنا الصراط المستقيم mereka lupa dan berbuat tidak sejalan dengan permohonannya

  25. Pemahaman Tentang Islam yg Kaaffah Akan Memberikan Kelapangan Hati
    Teruslah Mengkaji Islam, sahabatku !

    “Diantara yg dapat melapangkan dada adalah ilmu (agama), sungguh dia dapat melapangkan dada dan meluaskannya, hingga dia lebih luas dari dunia. Adapun kebodohan, dia menjadikan hati seseorang sempit, terhimpit, dan terpenjara.

    Maka, semakin luas ilmu seorang hamba, semakin lapang dan luas pula dadanya. Tapi ini tidak berlaku pada semua ilmu, namun hanya untuk ilmu yg diwariskan oleh Rasul SAW, itulah ilmu yg bermanfaat.

    Oleh karenanya, orang yg ilmunya bermanfaat, menjadi orang yg paling lapang dadanya, paling luas hatinya, paling baik akhlaknya, dan paling berkah kehidupannya”.
    Imam Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad

    Karenanya, setelah hati seseorang menjadi besar, lapang dan luas, bi idznillah wa bi nashrillah, semua masalah akan menjadi terlihat kecil dan kerdil, karena kita punya Allah Swt, Dzat Yg Maha Besar. Allahu Akbar !

    Astaghfirullahal ‘azhiim…
    Allahumma sholli ‘alaa Muhammad…

    Ya Allah, selamatkan dan bahagiakan kaum Muslimin di dunia dan akhirat.

    Ya Allah, persatukan ummat Islam dimanapun berada, jangan biarkan devide et impera melanda kami…

    Aamiin Allahumma aamiin

  26. Yg jelas ini bukan jema’ah salafi atau Wahabi..krna yg saya tahu mereka adalah orang orang yg santun dan selalu menjaga Marwah agama Islam yg sunnah..klu pelaku yg disolo ini aslinya PKI berselimut agama Islam..tangkap dan bila perlu hukum mati!!!!manusia kayak gini gak ada gunanya di NKRI!!!

  27. Justru yg saya tau ceramah2 wahabi provokatif,menganggap mereka ping benar,yg lainnyabid’ah,kafir,sesat .bukankah kata2 ini yg memicu pertikaian? Mikir!

  28. Yaaa , itu islam gariS keras sama syiah musuh bebuyutan.
    Di NU saja ada IsLam garis keras tergantung orang nya. Yang jelas SYIAH harus di pisahkan dengan ISLAM…
    Harus berdiri sendiri jadi agama Syiah. Seperti Ahmadiyah harus jadi agama sendiri.
    Ahmadiyah di jatim & madura juga kadang juga di gebugi sama NU
    Bikin marah yang keterlaluan. Yaaa Lost controL…
    Dikasih BOGEM…
    Masalah SARA tidak usah di ekspos , berbahaya…

Tinggalkan Balasan