Dibuka Kembali, 1 Pesantren di Pati Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

0
Ilustrasi santri yang sedang menjalani swab test massal (Foto: Hakim B.)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Sembilan santri di salah satu pesantren yang terletak di Kabupaten Pati dikonfirmasi terpapar virus corona. Lokasi tepatnya berada di Kajen, Kecamatan Margoyoso.

Bupati Haryanto pun membenarkan kabar ini, ia mengatakan bahwa santri tersebut dipastikan terpapar setelah melalui proses swab test.

“Itu diketahui setelah dilakukan tes swab,” ujar Haryanto dalam pernyataan tertulis kepada salah satu media nasional, Selasa (04/08/20).

Kini sembilan santri yang berstatus OTG itu harus menjalani karantina di Hotel Kencana.

Sebelumnya diberitakan, pada Selasa (07/07/20) Pemkab Pati telah memberi izin kepada sebagian pesantren untuk mulai beroperasi kembali setelah lolos uji verifikasi.

Dengan adanya klaster baru penyebaran virus corona di lingkungan pesantren ini, Bupati berencana untuk menggelar swab test untuk seluruh penghuni pondok tersebut.

“Total santri di pondok itu ada 105 orang. Kalau yang positif ada sembilan, maka sisanya tentu kami swab secara bertahap sehingga secepatnya hasil swab seluruh penghuni dapat kita ketahui,” ujarnya.

Sekaitan dengan adanya klaster baru di dunia pendidikan pesantren, pihaknya juga meminta semua pihak khususnya pengasuh pondok, santri, pelajar, wali santri, maupun orang tua murid bijak menyikapi permasalahan ini. (mra)

Komentar