Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona

0
Ilustrasi Sinovac, vaksin virus corona dari China (Foto:Google Images)

Bandung, 5NEWS.CO.ID,- Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil telah siap mendaftarkan diri untuk menjadi relawan uji coba vaksin virus corona produksi Sinovac dari Cina. Ia menyampaikan bahwa para pimpinan dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) wilayah Jawa Barat juga siap menjadi relawan uji coba vaksin tersebut.

“Jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin ini,” kata Ridwan Kamil dalam konferensi di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (3/8/2020).

“Kalau pemimpinnya juga melakukan insya Allah rakyatnya juga akan meyakini proses uji klinis vaksin tersebut berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Menurutnya, inisiatif seperti yang di lakukan para pimpinan Jawa Barat bakal menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Gubernur Jabar itu menganggap hal itu akan menambah keyakinan uji coba vaksin virus corona yang di lakukan oleh BUMN PT Bio Farma cukup aman.

PT Bio Farma melaporkan, sekarang ini ada sebanyak 500 orang pendaftar dari total 1600 orang pendaftar uji klinis  vaksin yang di butuhkan. Gubernur Jawa Barat juga mengajak masyarakat yang berumur 20 hingga 59 tahun turut bergabung menjadi relawan uji klinis vaksin virus corona.

Proses uji klinis vaksin Sinovac ini akan berjalan selama tiga bulan atau hingga akhir tahun ini. Rencananya, vaksin sinovac akan mendapatkan izin edar dan dapat di produksi secara massal di awal awal tahun 2021 yang akan datang.(AM)

Tinggalkan Balasan