Museum Roma Buka Pameran Mainan Antik

0




Boneka mirip bayi kembar asal Perancis-Kanada buatan tahun 1934

ROMA, 5NEWS.CO.ID,- Ada mainan anak berupa pesawat terbang, kapal, robot, boneka dan lainnya. Semuanya bersih, terawat dengan baik. Tampak tersusun, terpajang rapi. Bagi pengunjung, mereka seolah dibawa kembali akan kenangan masa kecil.

Rasa itu coba ditawarkan oleh Museum di Roma dalam gelaran “pameran mainan antik”. Lebih dari 700 item yang disuguhkan.

Sebagian besar berumur ratusan tahun. Bahkan, salah satunya adalah rumah boneka yang dibuat pada tahun 1686. Ia merupakan pesanan seorang Ratu Swedia untuk puterinya.

Mengambil judul For Fun yang berarti “untuk bersenang-senang”. Ada 6 tema yang dapat dinikmati. Yaitu kota dan pinggiran kota; jalan dan angkasa; anak-anak; keluarga; pekerjaan; dan perjalanan. Juga turut dipamerkan mainan antik dari orang-orang terkenal dizamannya.

“Kami memiliki boneka mirip bayi asal Perancis-Kanada yang dibuat tahun 1934. Semua dalam kondisi baik. Peristiwa yang sangat langka pada saat itu. Industri boneka segera memproduksi massal boneka mirip mereka. Terjual dengan baik, menjadi terkenal dan bertahan selama ini walaupun sudah tidak tenar lagi,” tutur Emanuella Lancianese, Kurator Pameran, Sabtu (1/8/20).

Turut terpampang dua boneka dari Peru yang dibikin tahun 1300 dan 1450. Pada masa itu keduanya dibuat untuk “upacara pemakaman dan sihir”. Sebelumnya, Otoritas Roma membeli dari seorang kolektor Italia tahun 2005. Ia berburu hingga mendapatkannya dari penduduk Peru.

“Koleksi yang ditampilkan ini adalah mahakarya, berjumlah sekitar 700 buah. Ini merupakan bagian dari koleksi lebih dari 10.000 mainan. Bahkan, mungkin total hampir 30.000 keping. Misalnya, rumah boneka adalah gabungan struktur dengan ratusan benda tersendiri,” ujar Maria Vittoria Marini Clarelli, Pengawas Warisan Budaya Roma. (h@n)



Tinggalkan Balasan