Gelar Webinar Nasional, Kelompok KKN STAI PATI Ini Usung Tema Happy Parenting

0

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Kelompok 04 KKN-DR STAIP (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Sekolah Tinggi Agama Islam Pati) menggelar website seminar (webinar) nasional bertemakan parenting. Webinar dengan tema ” Menjadi Orang Tua Cerdas dan Millenial” itu diselenggarakan melalui  aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Seminar online tersebut merupakan bentuk program kegiatan KKN-DR Mahasiswa jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Indar Wahyuni M.S.I., webinar itu dipandu oleh host Lintal Muna dan moderator Kholidah, mahasiswi kelompok 04 KKN- DR STAI Pati.

Webinar yang diikuti 190 peserta dari 385 pendaftar dari berbagai daerah ini mempunyai tujuan membekali orang tua dan calon orang tua agar memahami parenting dan mampu menjadi orang tua yang cerdas di era millennial.

“Dari orang tua yang maju lahir anak yang bermutu. Dari generasi bermutu akan tercipta negeri yang damai dan Makmur,” tutur Nana Padmosaputro S. AB, M.S.i, selaku narasumber pertama, Minggu (26/07/ 2020)

Wanita berumur 52 tahun itu menggarisbawahi “5 Pillars for Nurturing The Potential”, yaitu : Parenting, kegiatan sosial, buku, travel dan sekolah. Ia melanjutkan penuturannya tentang 3 konsep yang digunakan dalam parenting. Yang pertama adalah Rasional Parenting, kemudian Teori Psikososial Erik Erikson dan 5 Area Perkembangan anak.

Sementara itu, Hj. Nisaul Kamilah sebagai narasumber kedua menjabarkan “Happy Parenting for Happy Growing”, maksudnya mengasuh anak secara bahagia demi tumbuh kembang anak yang membahagiakan.

Terkait tantangan generasi milenial dan trik menghadapi generasinya juga di kupas tuntas. Hj.Nisaul Kamilah memiliki sekitar 20 ribuan santri online yang diasuhnya dalam komunitas Halaqoh Bisnis Online melalui kuliah whatsapp yang ia rintis sejak tahun 2017 hingga sekarang ini.

Meski webinar nasional parenting itu berjalan cukup lancar, dalam pelaksanaannya juga sempayt mengalami beberapa kendala. Kurang cermatnya panitia dalam menggunakan aplikasi zoom sempat membuat pemutaran materi dari narasumber pertama agak terlambat.

Selain itu, hilangnya sinyal juga sempat terjadi pada saat materi disampaikan oleh Ning Mila, sang penulis buku Happy Selling dan novel Diary Ungu Rumaysha yang viral di media sosial.(Lina)

Tinggalkan Balasan