Iran Siap Jalin Hubungan Baik dengan Arab Saudi

0

Teheran, 5NEWS.CO.ID,- Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, mengatakan Iran punya kesiapan membangun hubungan baik dengan Arab Saudi, tetapi sayangnya pemerintah Riyadh tidak menginginkan jalinan  yang setara dengan Tehran.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov di Moskow pada Selasa (21/7/2020) kemarin seperti dilansir IRNA.

Memiliki kerja sama yang baik dengan para tetangga merupakan prioritas kebijakan luar negeri Iran. Mereka menginginkan jalinan yang setara dengan negara-negara tetangga.

Zarif menekankan tekad Iran untuk mengembangkan hubungan dengan para negara tetangga, termasuk di wilayah Teluk Persia serta mengumumkan kesiapan Iran dalam menjalin hubungan bersama  Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berdasar atas sikap saling menghormati.

Berbicara tentang proposal keamanan Rusia untuk Teluk Persia, Zarif mengingatkan bahwa Iran juga telah menawarkan proposal perdamaian Hormuz yang sebenarnya sejalan dengan usulan Moskow.

“Irak juga ingin menjalin kerja sama dalam menciptakan keamanan kawasan dan Baghdad dapat memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan stabilitas regional,” pungkasnya

Perlu diketahui bahwa Saudi dan Uni Emirat Arab selalu berkolaborasi dengan Amerika dan Israel dalam menciptakan kawasan yang tidak stabil di Timur Tengah. ( AHA)

Komentar