Buntut Surat Edaran Pemda, Warganet Gelar Polling Terkait Penutupan TPQ di Pati

0
Buntut Surat Edaran Pemda, Warganet Gelar Polling Terkait Penutupan TPQ di Pati

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Warga menggelar polling untuk menjajaki animo masyarakat terkait berlangsungnya kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Pati, Jawa Tengah. Jajak pendapat itu merupakan buntut surat edaran pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pati yang memerintahkan TPQ ditutup.

Melalui situs pollingkita dot com, warganet memberi dua pilihan. Yang pertama, responden bisa memilih TPQ tetap buka dengan protokol pencegahan COVID-19. Adapun pilihan keduanya, TPQ ditutup karena berbahaya.

“Pemda Pati menutup TPQ, dasarnya adalah aduan warga. Kita warga Pati. Sebenarnya seperti apa sikap kita,” tulis pesan percakapan Whatsapp yang diterima redaksi, Selasa (22/7/2020) pagi.

Hingga berita ini ditulis, jajak pendapat itu telah diikuti oleh 1.119 partisipan. Hasilnya, sebanyak 94,7% atau 1.060 suara menghendaki TPQ tetap buka dengan protokol pencegahan COVID-19. Sementara sisanya, yaitu 5,3% atau sebanyak 59 suara menginginkan agar TPQ ditutup.

Sebelumnya, Pemda Pati menerbitkan surat edaran penutupan TPQ. Dalam surat itu disebutkan, penutupan TPQ merupakan tindak lanjut aduan masyarakat yang meminta kegiatan belajar AlQur’an tersebut dihentikan karena kegiatan tersebut dinilai rawan menjadi klaster COVID-19. Bupati melalui Setda kemudian menerbitkan surat edaran yang memerintahkan para pengurus TPQ menghentikan kegiatannya untuk sementara.

Merespon hal ini, para pengguna medsos kemudian beramai-ramai mengunggah postingan gambar surat edaran itu dan berkomentar. Kebanyakan, mereka menyayangkan tindakan Pemda Pati dan membandingkan kebijakan itu dengan dunia hiburan malam di jalur pantura yang disebut tetap buka sepanjang pandemi COVID-19 mewabah.(hsn)

Komentar