Virus Corona Mengganas, 9 Kecamatan di Pati Zona Merah

0
Virus Corona Mengganas, 9 Kecamatan di Pati Zona Merah

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Penyebaran virus corona di Kabupaten Pati, Jawa Tengah kian mengganas. Lonjakan pasien positif COVID-19 per hari ini sudah menyentuh angka 11 orang dan menjadikan 9 kecamatan di Pati ditetapkan sebagai zona merah.

Menurut data situs Pati Tanggap COVID-19 hari ini, Kab. Pati memiliki 48 ODP, 19 PDP, 12 OTG, 11 pasien positif corona dengan angka kematian sejumlah 27 jiwa. Website yang dikelola Dinas Kesehatan Kab. Pati itu menampilkan 9 kecamatan zona merah, yakni Kecamatan Cluwak, Dukuhseti, Tayu, Margoyoso, Trangkil, Wedarijaksa, Pati, Margorejo dan Sukolilo.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pati Suharyono menyatakan meluasnya penyebaran virus corona di Pati kemungkinan disebabkan oleh interaksi lintas wilayah yang dilakukan warga. Ia menyebut, aktivitas warga di wilayah sekitar Pati diduga kuat menjadi penyebab utama meningkatnya paparan virus corona.

“Ya memang. Kabupaten Pati dikepung oleh kabupaten tetangga yang penambahannya signifikan,” ujar Suharyono melalui pesan singkat, Selasa (14/7/2020) pagi.

Suharyono mengimbau agar warga tidak menyepelekan virus corona. Ia juga meminta warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, tetap menjaga jarak serta menghindari keramaian dan kerumunan.

“Masyarakat mohon tidak menyepelekan virus ini, tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan jangan berkumpul-kumpul,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dr. Edy Siswanto, MM., menegaskan hal yang sama. Ia menilai meningkatnya paparan virus corona di Pati lebih disebabkan oleh aktivitas warga di daerah pandemi di sekitar wilayahnya. Menurut dia, kebanyakan pasien positif tertular setelah kembali dari daerah pandemi yang mengelilingi Kab. Pati.

“Kebanyakan tertular oleh sanak saudara yang pulang dari daerah pandemi. Ada yang suaminya sopir, bisnis di daerah pandemi dan lain-lain,” tutur Edy saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Kab. Pati bertahan dengan kurva penyebaran virus corona yang relatif landai dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten di sekitarnya. Selama beberapa minggu, Kab. Pati mampu menekan penyebaran COVID-19 dengan jumlah pasien positif di kisaran angka 2-3 orang.(hsn)

Komentar