Batik Jawa Diakui Kerajinan Tradisional dari China, Ratusan Netizen Indonesia Dibuat Geram

0

Foto, Budi Chandra Setya

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, -Negeri Tirai Bambu kembali membuat geram warga negara Indonesia. Setelah wilayah perairan Natuna diklaim secara sepihak oleh China, kini Batik diakui milik budaya mereka.

Sebuah postingan twitter media asal China Xinhua News yang diunggah Minggu (12/7/2020) kemarin menyebutkan bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum dipakai kelompok etnis China sudah sejak lama.

Sontak postingan tersebut mendapat ratusan komentar yang sebagian besar dari netizen Indonesia. Mereka keberatan dan tidak setuju atas klaim yang dibuat China.

Salah satunya adalah akun @KanjengMammie yang menanggapi “Jika memang batik adalah karya asli masyarakat China, mengapa mereka menyebutnya dengan sebutan BATIK?”

Selain itu akun lainnya @srindhi24 menulis, “Batik berasal dari Jawa Indonesia yang tersebar diseluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balik fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China”.

Padahal kata ‘BATIK’ berasal dari bahasa Jawa, ‘amba’ artinya kain lebar dan luas, serta ‘matik’ atau titik yang artinya batik berasal dari hasil menghubungkan titik-titik menjadi pola atau gambar tertentu pada kain yang lebar.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia. Pada tanggal itu pula diperingati sebagai Hari Batik Nasional. (sari)

Tinggalkan Balasan