Postingannya Tentang Palestina Dihapus Instagram, Super Model Bella Hadid Geram

0
Bella Hadid yang geram karena postingan miliknya tentang sang ayah dan Palestina dihapus Instagram (Foto: AFP/ Alberto P.)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Super model Bella Hadid geram karena postingan tentang ayahnya dihapus oleh pihak instagram. Perempuan berusia 23 tahun itu mengunggah Instagram Story terkait asal-usulnya sebagai orang Palestina pada Selasa (07/07/20).

“Baba-ku dan tempat kelahirannya Palestina,” tulis Bella disertai foto paspor sang ayah.

Ketika pihak Instagram memberikan peringatan bahwa kontennya dihapus karena melanggar “Pedoman Komunitas tentang pelecehan atau intimidasi,” serta mengandung “kekerasan grafis; kebencian, pelecehan, dan intimidasi; dan ketelanjangan serta aktivitas seksual.” Ia pun membagikan tangkapan layar peringatan tersebut.

“@Instagram, bagian mana diriku yang bangga dengan tempat kelahiran ayahku di Palestina adalah ‘intimidasi, pelecehan, gambar, atau ketelanjangan seksual’?” tulis Bella di akunnya.

“Apa kita dilarang menjadi orang Palestina di Instagram? Bagi saya ini bullying,” lanjutnya. “Anda tidak bisa menghapus sejarah dengan membungkam orang. Bukan begitu caranya.”

Bella juga memposting dokumentasi ayahnya yang berusia 71 tahun dari tahun 1988. Dengan itu, dia menulis, “Apakah anda ingin dia mengubah tempat kelahirannya untukmu?”.

Keesokan harinya, dalam sebuah pernyataan kepada People pada hari Rabu (08/07/20), seorang juru bicara Facebook, yang memiliki Instagram menjelaskan mengapa unggahan tersebut pada awalnya dihapus, dan meminta maaf karena membatalkannya setelah menyelidiki masalah ini.

Perwakilan itu mengklarifikasi bahwa platform raksasa itu tidak menghapus konten pengguna berdasarkan kebangsaan atau etnis, ia menyebutkan bahwa unggahan tersebut tidak dihapus karena referensi ke Palestina.

“Untuk melindungi privasi komunitas kami, kami tidak mengizinkan orang untuk mengirim informasi pribadi, seperti nomor paspor di Instagram. Dalam hal ini nomor paspor dikaburkan, sehingga konten ini tidak seharusnya dihapus,” ujar pernyataan tersebut. “Kami telah memulihkan konten dan meminta maaf kepada Bella atas kesalahan kamu.”

Dalam unggahan Instagram Story lainnya, Bella Hadid mendorong para pengikutnya untuk mengunggah tentang keluarga mereka dan bangga akan keturunan mereka.

“Saya bangga menjadi orang Palestina, semua orang harus mengunggah dimana ibu dan ayah mereka dilahirkan hari ini! Ingatkan mereka betapa bangganya kamu dari mana kamu berasal !!!,” tulisnya lagi.

Bella Hadid mempunyai nama asli Isabella Khair Hadid adalah putri dari pengembang real estate, Mohammed Hadid dan mantan model, Yolanda Hadid. Ibunya adalah orang Belanda sedangkan ayahnya adalah orang Palestina.

Dia memiliki dua saudara kandung yang juga berprofesi sebagai model, yaitu seorang kakak perempuan, Gigi, dan seorang adik laki-laki bernama Anwar. (mra)

Komentar