BUMI, Organisasi Pemuda Asal Jepara yang Aktif Perangi Corona

0
Salah satu anggota BUMI yang tengah melakukan penyemprotan cairan disinfektan dalam rangka memerangi virus corona (Foto: istimewa)

Jepara, 5NEWS.CO.ID,- Organisasi Kepemudaan asal Kabupaten Jepara kembali melakukan kegiatan positif yang bertujuan untuk memerangi virus corona.

Organisasi yang berdiri tahun 2014 itu berawal dari kegelisahan beberapa pemuda yang ingin ikut berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka yang merasa punya jiwa muda dan ingin memberikan sumbangsih untuk masyarakat setempat berdiskusi dan akhirnya lahirlah BUMI.

Bakti Umat Masjid Indonesia (BUMI) memiliki tujuan utama untuk lebih memperhatikan masjid di sekitar sehingga tetap terawat dan nyaman digunakan beribadah. Dan di masa pandemi ini, kegiatan organisasi menyesuaikan dengan problematika yang ada.

“Kita awalnya hanyalah komunitas sederhana di 2014, yang sering berolahraga bersama, berkegiatan bersama dan mempunyai keinginan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat pada masyarakat. Dan hal ini mendapat respon yang positif dari teman-teman lain, setelah melalui diskusi panjang, terbentuklah BUMI,” ujar Ketua I Bumi, Musa Alkadzim pada 5NEWS.CO.ID, Minggu (28/06/20).

Orgaisasi ini juga telah melewati beberapa fase, melewati beberapa pergantian formasi hingga seiring berjalannya waktu, terbentuklah BUMI yang kondisional seperti sekarang. Apa problematika yang sedang terjadi di masyarakat, BUMI bergerak disana untuk membantu meringankan beban mereka.

“Ketika ada problem pandemi Covid-19, kita melakukan penyemprotan di beberapa desa secara berkala, diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat penyebaran virus corona disana,” kata Muhammad Tohir, Korlap BUMI.

Anggota organisasi ini mayoritas adalah kawula muda, dan berasal dari barbagai range usia muda, mulai dari SD, SMP, SMA dan umur 20 tahun ke atas. Mereka semua aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BUMI, bahkan untuk ukuran anak SD dan SMP mereka antusias.

“Respons tidak terduga dari anak-anak yang lebih muda ini justru menjadi motivasi lebih untuk kita dalam berkegiatan, dimana mereka selalu siap dan selalu hadir saat ada kegiatan menjadi alasan BUMI tetap eksis hingga saat ini,” ujar keduanya.

Karena tingginya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jepara, Bumi tentunya melakukan beberapa hal untuk membantu pemerintah dan masyarakat. Seperti melakukan penyemprotan di beberapa desa, bagi-bagi masker serta sejumlah kegiatan lain yang tentunya bermanfaat.

“Kita akan melakukan semua hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama penyemprotan dan bagi-bagi masker di beberapa daerah yang ada di Kabupaten Jepara,” kata keduanya lagi.

Kegiatan yang mereka laksanakan pada hari Minggu (28/06) kemarin adalah melakukan penyemprotan dan ada penataran untuk semua anggota. Karena Covid-19 ini persebarannya makin meninggi di Jepara, BUMI memberi motivasi dan semangat kepada anggota untuk lebih lagi dalam melakukan kegiatan yang sifatnya mencegah persebaran virus corona di Kabupaten Jepara.

Keduanya juga menyatakan dengan tegas bahwa BUMI siap diperbantukan dan turun langsung jika pemerintah setempat membutuhkan bantuan. (mra)

Tinggalkan Balasan