4 Nakes di Kabupaten Kudus Positif Covid-19, Puluhan Pasien Jiwa Dipulangkan

0
Rumah Sakit Umum Daerah dr Loekmono Hadi Kudus yang saat ini tidak lagi menerima pasien jiwa untuk sementara (Foto: Google Images)

Kudus, 5NEWS.CO.ID,- 4 tenaga kesehatan (Nakes) di Bangsal Cempaka RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Jateng dinyatakan positif virus corona, mengakibatkan puluhan pasien gangguan jiwa yang menghuni bangsal tersebut terpaksa dipulangkan.

Tepatnya sebanyak 24 pasien dari total 36 pasien sakit jiwa yang menempati Bangsal Cempaka Putih I secara bertahap akan dipulangkan ke keluarganya masing-masing. Bangsal tersebut juga akan ditutup untuk sementara waktu.

Keputusan ini dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk mengantisipasi penularan virus Covid-19 kepada para pasien gangguan jiwa. 24 pasien yang dipulangkan tersebut dianggap sudah kooperatif dan dipastikan terbebas dari virus corona setelah dilakukan swab test 2 kali.

“Swab pada tanggal 10 Juni, Senin tanggal 20-an itu kami perintahkan tes swab untuk pasien. Pada pelaksaannya ada cuma ada 24 yang dites swab karena pasien jiwa itu kondisinya berbeda-beda. Kamis kemarin pagi alhamdulillah hasilnya negatif,” kata Direktur RSUD dr Loekmono Hadi, Azis Achyar, Senin (29/06/20).

Ia juga mengatakan bahwa untuk saat ini rumah sakit tidak menerima pasien dengan gangguan jiwa terlebih dahulu karena situasi yang belum kondusif di lingkungan rumah sakit akibat pandemi.

“Selain memulangkan sebagian besar pasien jiwa, maka untuk saat ini rumah sakit dr Loekmono Hadi Kudus juga tidak menerima paisen jiwa terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk 4 nakes yang terpapar COVID-19 kini diisolasi dan menjalani perawatan intensif di ruang khusus rumah sakit tersebut, pihaknya juga akan melakukan tracing lebih lanjut soal kasus ini. Sementara untuk pasien gangguan jiwa yang belum dipulangkan, saat ini masih dalam pemeriksaan intensif. (mra)

Tinggalkan Balasan