PSBB Jabar Dihentikan, Jokowi Ultimatum Jatim Tekan Virus Corona

0
Spanduk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terpasang di batas kota Bundaran Cibiru, Kota Bandung.

Bandung, 5NEWS.CO.ID,- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumumkan bahwa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi tidak dilanjutkan. Artinya, 100 persen daerah di Jabar, kecuali Bodebek akan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sedianya, PSBB proporsional tingkat provinsi Jawa Barat itu berakhir pada hari ini, Jumat (26/06/20). PSBB yang terakhir dilakukan tersebut, merupakan persiapan menuju era AKB atau new normal.

“Seluruh Jawa Barat hari ini tidak ada lagi PSBB, sudah diputuskan kita semuanya 100 persen melaksanakan AKB,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (26/06/20).

Ia pun memastikan pengetesan masif akan terus dilaksanakan, khususnya di pusat perbelanjaan seperti pasar, kemudian tempat pariwisata dan titik berangkat-kedatangan transportasi antardaerah.

“Rumah sakit juga 27 persen keterisian, dokter sudah lebih baik dan tidak stress dengan beban. Kita juga akan iringi dengan 627 ambulans yang diubah menjadi mobil COVID tes,” katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Jawa Timur memberi ultimatum berupa tenggat waktu dua minggu kepada provinsi yang dikepalai oleh Khofifah Indar Parawansa itu untuk menurunkan laju penularan virus corona.

“Saya minta dalam waktu dua minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini,” kata Jokowi saat mengunjungi posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/06/20).

Data hingga Kamis (25/06/20) menunjukkan, angka kasus virus corona di Jawa Timur tercatat 10.545 kasus dengan 767 kematian. Angka ini hampir mendekati DKI Jakarta yang melaporkan 10.600 kasus dengan 608 korban meninggal dunia akibat Covid-19. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir Jawa Timur mencatatkan penambahan jumlah kasus harian terbesar di Indonesia. (mra)

Tinggalkan Balasan